Warga Korea Selatan Peluk Islam di Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Park Kwan Kwok (34), warga asal Korea Selatan resmi memeluk agama Islam setelah mengucapkan dua kalimah syahat di Masjid Abdul Rauf Blang Oi, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Kamis (16/3/2017) malam.

Ratusan warga setempat menyaksikan prosesi pensyahadatan yang dipandu oleh ustadz Fakhruddin Lahmuddin tersebut. Nama Park Kwan Kwok menjadi Abdul Rauf setelah memeluk Islam. Sebelumnya ia seorang Atheis.

Ia mengucapkan dua kalimat syahadat dengan lancar. Setelah itu, warga langsung mengerumuninya untuk memberikan ucapan selamat. Usai bersyahadat, Abdul Rauf mengaku lebih suka nama baru tersebut daripada Park Kwan Kwok.

“Lebih suka nama baru daripada nama lama,” kata Park Kwan Kwok dalam bahasa Korea yang diterjemahkan Dosen Unsyiah, Husni Musani.

Dalam prosesi pensyahadatan itu, Abdul Rauf didampingi Marzuki, ayah angkatnya di Aceh. Marzuki merupakan sosok yang sangat berperan di balik keinginan Park Kwan Kwok memeluk Islam.

Sebelum prosesi pensyahatan berlangsung, Marzuki mengisahkan perjalanan Park Kwan Kwok hingga memeluk Islam.

Marzuki mengenal Park Kwan Kwok enam bulan yang lalu ketika Park Kwan Kwok yang bekerja di lembaga sosial bidang kesehatan di Korea Selatan melakukan tugasnya di Aceh.

“Badan ini membidangi urusan promosi kesehatan, sedang membantu negara-negara yang kurang mampu seperti Sudan, Etopia. Di Aceh beliau sedang membantu kesehatan di 60 sekolah di Banda Aceh dan Aceh Besar,” ujar Marzuki.

Selama di Aceh, Park Kwan Kwok menetap di salah satu hotel di kawasan Blang Oi, yang merupakan milik Marzuki. Hari demi hari, hubungan Marzuki dengan Park Kwan Kwok semakin dekat. Aktivitasnya sehari-hari sebagai seorang muslim kerap sekali diikuti Park Kwan Kwok.

“Beliau sering melihat saya shalat, menanyakan kenapa pada saat shalat banyak sujud pada waktu-waktu tertentu, dhuhur sujud, ashar sujud, magrib sujud, saya menjawab bahwa saya sedang menyembah tuhan kami yaitu Allah,” ujar Marzuki.

Beberapa bulan kemudian, Park Kwan Kwok menjumpai Marzuki dan menanyakan apakah dirinya bisa masuk Islam. Pertanyaan tersebut disambut Marzuki dengan baik.

Park Kwan Kwok yang baru saja melepaskan masa lajangnya tiga bulan lalu direncanakan akan kembali ke Korea Selatan beberapa hari ke depan. Di sana, Park Kwan Kwok akan menjemput istrinya dan membawa ke Aceh untuk disyahadatkan. []

Muhammad Fadhil

Mungkin Anda Menyukai