Mahasiswa Tanam 1.500 Mangrove

Sumberpost.com | Aceh Besar – Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Banda Aceh dan sekitarnya, serta anggota Lembaga Swadaya Masyarakat menanam sebanyak 1.500 bibit bakau di Gampong Lambadeuk, Kecamatan Pekan Bada, Aceh Besar, Sabtu (22/4/2017) pagi.

Penanaman pohon yang bertepatan dengan peringatan Hari Bumi itu diikuti oleh 100-an partisipan. Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Ar-Raniry, Nurul Ikhsan mengatakan, penanaman pohon mangrove dilakukan agar lingkungan tetap terjaga, juga untuk menghindari ancaman bencana alam kedepannya.

Ikhsan meminta pemerintah gencar menyosialisasikan pentingnya menjaga lingkungan kepada masyarakat. “Kita berharap bencana alam tidak terulang di Aceh. Kepada elemen lain juga harus mendukung kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Rektor UIN Ar-Raniry mengapresiasi kegiatan yang dimaksudkan untuk kebaikan lingkungan itu. Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan, Nurdin, yang mewakili Gubernur Aceh mengatakan, merawat bumi dan ekosistem lingkungan bukan hal mudah, karena banyak orang yang berusaha merusak lingkungan untuk kepentingan pribadi.

Kadiv Advokasi Walhi Aceh, M. Nurdin mengatakan, Di Aceh Tamiang, sebutnya, perambahan hutam bakau terjadi cukup masif oleh masyarakat. Kayu dari pohon bakau diambil untuk dipakai sebagai kayu arang. Hal itu terjadi, lanjut Nurdin, karena perekonomian masyarakat sedang tidak sejahtera. []

Abd Hadi F

Mungkin Anda Menyukai