Delegasi Sumberpost Ikut PJTLN di Riau

Sumberpost.com | Banda Aceh РUnit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost UIN Ar-Raniry mengirim delegasi untuk mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) yang diadakan oleh Lembaga Pers Kampus (LPM) Bahana Mahasiswa Universitas Riau pada 17-23 Juli 2017 di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

PJTLN yang dikemas dalam Kelas Jurnalisme (Kenal) Sastrawi ini mengangkat tema “Bernarasi di Negeri Istana” dan diikuti oleh 22 peserta dari 20 Lembaga Pers Kampus (LPM) di seluruh Indonesia. Ke 22 peserta tersebut terpilih setelah melewati tahapan seleksi yang dilakukan oleh panitia.

Muhammad Fadhil, delegasi dari Sumberpost UIN Ar-Raniry Minggu (16/7/2017) mengatakan, berdasarkan laporan dari panitia pelaksana, kegiatan tersebut akan menghadirkan dua pemateri yaitu Andreas Harsono (pendiri Yayasan Pantau yang juga pernah bekerja sebagai wartawan di The Jakarta Post, The Nation Bangkok dan The Star Kuala Lumpur) dan Budi Setiono (pengampu kelas narasi di Yayasan pantau).

Direncanakan, kegiatan tersebut akan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Riau, Prof Aras Mulyadi pada Senin pagi, 17 Juli 2017 di universitas tersebut.

Pada hari yang sama, juga akan diadakan seminar media anti hoax yang dijadwalkan akan diisi oleh Anggota Dewan Pers, Imam Wahyudi dan Ketua PWI Riau yang juga Wakil Direktur Riau Pos Grup, Zulmansyah Sekedang.

Kemudian, pada siangnya, para peserta berangkat ke Kabupaten Siak. Di sana, peserta akan mengikuti pelatihan Kelas Jurnalisme (Kenal) Sastrawi sampai dengan Sabtu, 22 Juli 2017. Pada pelatihan tersebut, kedua pemateri itu akan memberi penjelasannya masing-masing sesuai tema yang ditentukan.

“Pelatihan akan berakhir Sabtu, kemudian pada hari Minggu peserta akan mengunjungi sejumlah objek-objek wisata sejarah yang ada di Kabupaten Siak,” ujar Fadhil.

Sekretaris Umum UKPM Sumberpost, Ridia Armis berharap agar Fadhil, satu-satunya delegasi sumberpost dapat memanfaatkan pelatihan tersebut sebaik mungkin.

Sehingga, apa saja ilmu yang didapatkan dalam pelatihan tersebut nantinya dapat diberikan kepada anggota UKPM Sumberpost lainnya.

“Kami juga berharap delegasi dari sumberpost dapat menjaga nama baik lembaga dan dapat meningkatkan tali silaturahmi antar-lembaga pers kampus lainnya di seluruh Indonesia,” harap Ridia. []

Mungkin Anda Menyukai