Ini Trik Dewan Pers Agar LPM Tetap Populer

Sumberpost.com | Pekanbaru – Anggota Dewan Pers, Imam Wahyudi mengatakan bahwa ada beberapa cara maupun trik yang perlu dilakukan oleh lembaga pers mahasiswa agar tetap eksis dan dikenal oleh publik.

Tiga di antara beberapa trik tersebut yaitu go online, kolaborasi dan monetisasi.

Hal tersebut dipaparkan Imam saat menjadi pemateri pada seminar media anti hoax yang diadakan oleh Lempaga Pers Mahasiswa (LPM) Bahana Mahasiswa Universitas Riau di kampus tersebut pada Senin (17/7/2017).

Seminar tersebut diadakan oleh LPM Bahana Mahasiswa dalam memperingati hari jadinya ke 34.

Pada hari yang sama juga dilakukan peluncuran buku “Kuntau Empat Penjuru” dan pembukaan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) Kelas Jurnalisme (Kenal) Sastrawi.

“Saya sarankan jika ingin eksis maka beralihkan ke online, bukan cetak tidak eksis tetapi terbatas pembacanya karena terbatas cetakannya,” kata Imam.

Ia menjelaskan, di era sekarang ini, pada umumnya masyarakat sudah cenderung mencari informasi di media-media online. Karena, selain mudah diakses, media online juga memudahkan pembaca untuk membagikan berita tersebut.

“Tinggal saja bagaimana si pembaca itu harus pandai-pandai memilih mana berita benar dan mana berita hoax,” jelas Imam.

Cara yang kedua yaitu kolaborasi. Imam menyarankan kepada lembaga pers mahasiswa untuk tidak hanya memberitakan informasi yang ada di seputar kampus saja, tetapi mengkolaborasikan dengan berita-berita luar kampus lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat umum.

Cara yang ketiga yaitu monetisasi. Ia menyarankan agar lembaga pers mahasiswa harus mencoba hidup mandiri dan tidak terus bergantung dengan dana dari pihak kampus.

Pers kampus harus mencoba melakukan kerjasama dengan pihak luar kampus dan mencari iklan maupun sponsor sehingga mendapat penghasilan untuk memenuhi kebutuhan lembaga.

“Tetapi LPM tidak dibebankan mencari untung, LPM ini diciptakan untuk menciptakan intelektual-intelektual muda,” ujar Imam. []

Muhammad Fadhil

Mungkin Anda Menyukai