Nazaruddin Pimpin Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Aceh

Sumberpost.com | Bireuen – Kepala Sosial Politik Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suara Al Muslim, Nazaruddin terpilih secara aklamasi sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjend) Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Aceh (FKPMA) periode 2017-2018.

Hal tersebut diputuskan dalam Kongres FKPMA di Universitas Al Muslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen, Minggu (15/10/2017).

Sekretaris Jenderal merupakan jabatan tertinggi di lembaga tersebut, atau setara dengan ketua umum. Periode lalu, jabatan tersebut diberi nama koordinator. Sedangkan Musyawarah Besar diganti menjadi Kongres.

Perubahan tersebut untuk menyesuaikan diri dengan sistem kepengurusan Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) dan juga telah dibahas dalam AD/ART oleh seluruh peserta sidang kongres.

Dalam Kongres itu, para peserta sidang mengajukan tiga nama untuk maju sebagai calon Sekjend, yaitu Irwansyah (LPM Zawiyah News), Muhammad Fadhil (LPM Sumberpost) dan Nazaruddin (LPM Suara Al Muslim).

Setelah musyawarah, dua nama tersebut memilih mengundurkan diri dan menyatakan dukungannya terhadap Nazaruddin.

Selain memilih Sekjend, peserta sidang juga memilih Bendahara yang diisi oleh Maisarah (LPM Al Kalam), Koordinator Wilayah (Korwil) 1 Banda Aceh dan Sigli diisi oleh Muhammad Fadhil (LPM Sumberpost), Korwil 2 Bireuen dan Aceh Utara diisi Multazam (LPM Al Kalam).

Kemudian, Korwil 4 Langsa diisi oleh Irwansyah (LPM Zawiyah News). Sedangkan Korwil 3 Barat Selatan akan ditentukan kemudian hari.

Selanjutnya, divisi yang telah terbentuk yaitu Divisi Pembinaan dan Pendidikan diisi oleh Heldiana (LPM Suara Al Muslim), Divisi Hukum dan Advokasi, Indra (LPM Al Kalam) dan Divisi Informasi dan Komunikasi, Ali Sahar (LPM Zawiyah News).

Dalam Kongres itu, para peserta sidang juga setuju memasukkan dua LPM baru di Aceh ke dalam anggota FKPMA, yaitu LPM Zawiyah News (IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa) dan LPM Perspektif (Fakultas Ekonomi Unsyiah).

Dengan masukkan dua LPM itu, saat ini FKPMA sudah beranggotakan 8 LPM yaitu LPM Sumberpost, DETaK Unsyiah, Suara Al Muslim, Pijar Unigha, Lensa Unmuha, Al-Kalam, Zawiyah News dan PerSpektif.

Kongres tersebut diikuti oleh empat lembaga pers di Aceh, yaitu LPM Sumberpost (UIN Ar-Raniry), LPM Al-Kalam (IAIN Lhokseumawe), LPM Suara Al-Muslim (Universitas Al Muslim), dan LPM Zawiyah News (IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa).

Koordinator FKPMA demisioner, Murti Ali Lingga yang diwakili Bendahara Umum, Nurmulya Safitri dalam sambutannya saat membuka Kongres mengatakan, kongres tersebut bertujuan untuk membahas masa depan FKPMA, yang sudah vakum sejak dibentuk pada 2015 silam.

“Untuk masuk ke PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia), kita harus membentuk dulu lembaga yang di sini (Aceh),” ujar Nurmulya. []

Muhammad Fadhil

Mungkin Anda Menyukai