Gemparkan Kampus! Mahasiswa Ini Kaya Prestasi di Semester Muda

Sumberpost.com | Banda Aceh – UIN Ar-Raniry perlu bangga memiliki Rizki Okta Jaya yang kaya prestasi meski masih duduk di semester muda. Okta baru saja dinobatkan sebagai Agam Intelegensia Banda Aceh 2018 pada 24 Maret lalu.

“Ada kemauan maka ada jalan, melangkahlah tanpa diliputi keraguan,” seru Agam Okta saat ditemui di kantin A+ Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry, Rabu (4/4/2018).

Mahasiswa yang baru duduk di semester dua FTK ini sudah aktif mengikuti berbagai lomba dan aktivitas sosial sejak SMP.

“Saat itu saya sering ikut lomba berkelompok, pernah sekali mencoba individu dan alhamdulillah meraih juara 3 pidato bahasa inggris se-Aceh Tengah, dari situ saya mulai mencoba terus menggali potensi,” ceritanya.

Diterima di program studi Pendidikan Bahasa Inggris justru membuat hobinya memburu prestasi semakin menanjak. Pada semester lalu, Okta berhasil meraih gelar sebagai Wakil I Duta Mahasiswa Genre 2017 Provinsi Aceh. Tak lama, ia terpilih menjadi salah satu delegasi UIN Ar-Raniry pada Lombok Youth Camp 2018 sekaligus peserta dengan essay terbaik.

Agam Intelegensia 2018 ini memberi sedikit bocoran agar mudah meraih prestasi. Katanya, ketika hendak ikut lomba, berilah apa yang mereka minta. Matangkan persiapan dan tunjukkan potensi diri semaksimal mungkin menjadi jalan utama mudah tembus prestasi.

“Cari informasi dan gali ilmu sebanyak mungkin, jawab pertanyaan dengan sejujurnya, jangan mengarang dan jangan ada pencitraan,” katanya memperjelas.

Baru-baru ini, Okta juga diamanahkan sebagai Ketua Umum Forum Rantau Ikhwah Takengon Bener Meriah (Fikrah)  2018. Suatu kebanggaan sekaligus tanggung jawab baru baginya.

Tidak luput dari tugasnya sebagai mahasiswa, tentu saja kuliah adalah prioritas utama. Buktinya, putra dari Bapak M. Saidi dan Ibu Rohati Liza Nova Yanti ini berhasil meraih IP 3,57 di semester satu. Angka yang menunjukkan bahwa ia begitu cerdas.

“Buat skala Prioritas, pasang target dan ingat tujuan awal ke sini,” pesannya untuk kawan-kawan mahasiswa.

Saat SMA, Agam Okta pernah menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Siswa Islam (As-Salam) Aceh Tengah merangkap Ketua Umum Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R).

Ia juga telah menorehkan berbagai prestasi seperti meraih juara harapan I Duta Wisata Aceh Tengah 2016, Top 5 Duta Kopi Gayo 2016 dan mengikuti Social Youth Camp di Jakarta pada tahun yang sama.

Okta mengaku masih banyak target besar yang ingin dia capai. Katanya, biarlah target itu tergapai dahulu, belum layak untuk diketahui umum saat ini.

Sukses menurutnya adalah berhasil mendapatkan apa yang diinginkan serta itu bermanfaat bagi orang lain. [rsk]

Magang : Cut Della Razaqna

Mungkin Anda Menyukai