Munzir, Mahasiswa S2 Ilmu Dakwah Pertama Tulis Tesis Berbahasa Arab di UINAR

Sumberpost.com | Banda Aceh – Munzir, mahasiswa program pascasarjana (S2) Ilmu Dakwah UIN Ar-Raniry (UINAR) menjadi orang pertama menulis tesis dan mengikuti Sidang Munaqasyah menggunakan bahasa Arab.

Sidang Munaqasyah Tesis yang berjudul “Assalibul Khitab Ad Da’wi” itu, berlangsung di ruang sidang III kampus setempat, Rabu (4/4/2018).

Muzir mengatakan, alasan menulis tesis tentang Pola Pesan Dakwah dalam Al-Quran, Kajian Terhadap Ayat-ayat Dakwah yang ada Dalam Al-Quran Menurut Tafsir Ibnu Katsir adalah untuk membuat perpaduan antara dakwah dengan Bahasa Arab.

“Saya sebenarnya tertarik untuk memadukan, membuat perpaduan antara bahasa Arab dengan Dakwah. Di mana sebelumnya mahasiswa Ilmu Dakwah belum ada yang mencoba menulis dalam bahasa Arab. Menurut saya dakwah dan bahasa Arab tidak bisa dipisahkan, harus sejalan,” kata Munzir.

Ketua pimpinan Sidang Munaqasyah, Fauzi Saleh mengatakan, ujian ini adalah salah satu kebanggaan pihaknya kepada penulis, karena dia adalah orang pertama yang menulis Tesis Ilmu dakwah dalam Bahasa Arab.

“Ini merupakan salah satu kebanggaan kita kepada beliau, karena termasuk pertama yang menulis dari prodi ini dalam bahasa Arab. Kemudian mendapatkan ‘Itiraf dari penguji,” katanya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi kepada penulis karena sudah berani menulis Tesis dalam bahasa Arab, walaupun dia bukan mahasiswa prodi bahasa.

“Munzir dapat menjawab pertanyaan dengan bagus, dengan bahasa yang bagus dan alhamdulillah memuaskan,” ujarnya lagi. [rel/ron]

Mungkin Anda Menyukai