Ustad Fakhrudin Beri Tanggapan Soal Puisi Sukmawati

Sumberpost.com| Banda Aceh – Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-raniry, Fakhruddin menilai puisi ‘Ibu Indonesia’ yang dibacakan oleh Sukmawati Soekarno Putri sangat bermuatan sensitif.

Di dalam puisi tersebut di nilai Sukmawati memperolok-olok serta menyinggung tentang syariat islam. Hal tersebut yang di anggap sejumlah kalangan meleceh kan umat islam.

“Sangat disesalkan sosok seperti dia membuat puisi seperti itu, bagaimana pun dia adalah anak dari seorang Proklamator,” ujar dia saat ditemui di ruang dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Rabu (4/4/2018).

Pemimpin dayah Al-Manar itu juga menuturkan, seharusnya anak dari seorang proklamator tidak mengeluarkan puisi tersebut.

“Puisi yang di sampaikan itu mencederai umat islam penduduk Indonesia. Sebagai publik figur harusnya dia menjaga ucapan nya,” ujar dia.

Lanjut dia, tidak semua orang dapat menerima komparasi keberagaman yang di sampaikan Sukmawati dalam puisinya.

“Sungguh sangat disayangkan, anak Sukarno, orang yang menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika malah mengeluarkan kata-kata yang seperti itu,” kata dia.

Soal pandangan Islam mengenai persoalan ini, Fakrudin belum dapat mengatakan hukum apa yang pantas untuk seorang muslim yang menghina agamanya sendiri. Namun, ia mengatakan saat ini, di Indonesia sudah ada hukum positif yang mengatur persoalan penodaan agama.

“Saya belum mengetahui dalil mengenai persoalan ini tapi di Indonesia sudah ada hukum positif nya,” sahut nya.[rsk]

Magang : Saskia Ramadhani

Mungkin Anda Menyukai