Tidak Balas Dendam, Tips Tetap Sehat Saat Bulan Puasa

Sumberpost.com – Bulan ramadhan adalah bulan dimana seluruh umat Islam berpuasa di seluruh dunia. Puasa sendiri berarti menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkannya, yang dilakukan mulai dari tebit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.

Berpuasa merupakan salah satu dari Rukun Islam yang ke empat. Selain untuk menambah ketakwaan kita terhadap sang pencipta, puasa memberikan sejumlah manfaat terhadap diri  kita pribadi.

Manfaat dari ibadah puasa itu sendiri adalah melatih manusia untuk sabar dalam menjalani hidup. Mendidik jiwa kita agar dapat menguasai diri, mendidik nafsu agar tidak senantiasa dimanjakan dan dituruti, mendidik jiwa untuk dapat memegang amanat dengan sebaik-baiknya, mendidik kesabaran dan ketabahan.

Selain menguatkan diri dari hal yang tidak baik, puasa juga merupakan alternatif untuk membentengi diri agar senantiasa jauh dari penyakit. Puasa memberikan manfaat bagi kesehatan rohani dan jasmani jika pelaksanaannya sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan, jika tidak maka hasilnya tidaklah seberapa, malah mungkin ibadah puasa kita sia-sia saja.

Setelah seharian berpuasa yang paling ditunggu oleh kita adalah berbuka. Moment berbuka puasa menjadi saat yang paling dinantikan umat muslim, ketika menjalani ibadah puasa selama dua belas jam untuk umat muslim di Indonesia.

Suara adzan magrib yang berkumandang, menjadi lantunan yang dinantikan. Ketika moment tersebut tiba, biasanya kita sering mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan.

Mungkin akibat lelahnya menahan haus dan lapar, kebanyakan  orang seakan balas dendam ketika azan magrib berkumandang.

Tidak ketinggalan aneka menu memenuhi meja makan, berbagai takjil dan minuman segar menunggu untuk dimakan.

Padahal, kebiasaan tersebut sangat tidak dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Berlebihan hanya membawa efek yang buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Minuman dingin layaknya es teh atau es buah akan menjadi minuman yang paling menggoda dan terasa sangat segar untuk menghilangkan dahaga setelah seharian penuh tidak mengkonsumsi makanan atau minuman apapun.

Sayangnya, dibalik kesegaran minuman es ini,  berbuka puasa dengan air es ternyata sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Dikarenakan jika mengkonsumsi minuman yang sangat dingin setelah seharian penuh tidak minum atau makan apapun, maka akan membuat lambung bekerja lebih lambat, mengingat minuman ini juga harus disesuaikan dengan suhu tubuh kita lagi.

Dimana lambung bahkan akan terasa kaget jika kita langsung menenggak minuman dingin saat berbuka puasa. Jika kita nekat melakukannya, biasanya perut kita akan cenderung mudah terkena masalah kembung atau terasa sangat penuh.

Nah, ada baiknya, berbukalah dengan yang sederhana terlebih dahulu.

Namun jika ingin berbuka dengan air es segerakan berbuka dulu dengan air putih atau air dingin yang suhunya tidak terlalu berbeda dengan suhu tubuh.

Air putih memiliki manfaat yang sangat besar bagi kondisi tubuh manusia. Air putih  memberikan sejuta kasiat untuk tubuh, dia menjadi penangkal racun alami di dalam tubuh. Air putih juga akan membantu membuang racun-racun yang ada dalam tubuh kita melalui urine yang  dikeluarkan.

Untuk itulah, minum air putih 2-3 liter perhari sangat dianjurkan untuk tubuh, apalagi setelah seharian tidak mengkonsumsi apa-apa.

Manfaat lainnya, air putih mampu membantu melancarkan sistem pencernaan. Sama seperti halnya kurma, air putih juga ikut membantu proses pencernaan makanan yang kita makan berjalan dengan baik. Jika tubuh sehat ibadah pun menjadi lengkap.[]

Penulis: Saadah