UIN Ar-Raniry dan BPBA Kerja Sama Bangun Literasi Kebencanaan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mengunjungi kampus UIN Ar-Raniry, guna mengadakan sosialisasi terkait penanggulangan dan literasi bencana, di gedung Rektorat UIN Ar-Raniry, Kamis, (23/5/2019).

Acara itu turut dihadiri oleh para Wakil Dekan III setiap Fakultas, Akademisi, dan Mahasiswa UIN Ar-Raniry.

Acara yang langsung dipandu oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Ar-Raniry tersebut diisi oleh Teuku Ahmad Dadek dari BPBA. Setelah acara sosialisasi tersebut, UIN Ar-Raniry yang diwakili Dr. Saifullah menandatangani kerjasama dengan BPBA yang langsung ditandatangani oleh Teuku Ahmad Dadek selaku kepala dinas BPBA.

Dalam pemaparannya, Teuku Ahmad Dadek menyampaikan bahwa di UIN Ar-Raniry sendiri, bangunan masih tidak ramah bencana. Hal ini bisa saja diakibatkan minimnya literasi bencana. Tidak hanya di UIN Ar-Raniry, rata-rata gedung di Aceh memang belum ramah bencana.

“Dalam artian, alat-alat untuk mendeteksi bencana atau pemahaman para penguna gedung terhadap arah evakuasi jika nanti terjadi bencana,” katanya

Ia juga berharap UIN Ar-Raniry menjadi pusat edukasi bencana dengan menemukan hal-hal baru, melalui penelitian ataupun kegiatan-kegiatan edukasi bencana.

“Saya berharap akademisi UIN Ar-Raniry meneliti dan menemukan teknologi baru untuk mendeteksi bencana. Selama ini belum banyak kampus di Aceh yang memedulikan hal tersebut,” lanjutnya.

BPBA juga menyarankan adanya program Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) yang ikut menyuarakan masyarakat sadar bencana.

Usulan tersebut kemudian disambut baik oleh pihak kampus. Prof. Eka, mengukapkan hal itu sedang dirancangnya. KPM tematik, yakni yang berfokus pada penanggulangan dan literasi bencana.

Para akademisi yang juga turut hadir dalam sosialisasi tersebut, mengatakan hal ini cukup menarik untuk direalisasikan, mengingat Aceh adalah daerah yang rawan bencana.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan,  Saifullah dalam hal ini mengatakan pihaknya siap pasang badan membantu BPBA dalam mengajak masyarakat dan mahasiswa bekerjama menjadikan Aceh daerah sadar bencana.

“Secepatnya akan kita atur bagaimana sistemnya,” ujar Warek III UIN Ar-Raniry.

Lanjut dia, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan para Dekan Fakultas untuk merealisasikan rencana tersebut.

“Saya juga akan memerintahkan kepada dekan setiap fakultas untuk melakukan kegiatan tentang literasi bencana sesuai pendekatan ilmu masing-masing.”

“Semua bisa meneliti dari perspektif ilmunya masing-masing. Dari segi agama, sains, dan sejarah. Masih banyak lagi, dan saya kira ini cukup menarik,” katanya saat diwawancarai terpisah. []

Reporter: Adli Dzil Ikram