Dosen FAH UIN Ar-Raniry Ikut Konferensi Internasional di Bandung

Sumberpost.com | Banda Aceh –  Sebanyak delapan orang perwakilan dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti International Conference on Humanities and Islamic Civilization (ICON-HIC) 2019 di Hotel Grand Aquila Bandung.

Delegasi dari Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry dipimpin langsung oleh Dekan FAH, Fauzi Ismail. Turut serta dalam rombongan tersebut, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Abdul Manan; Kepala Tata Usaha, Maryam; dan sejumlah dosen di lingkungan fakultas ini.

Dekan FAH UIN Ar-Raniry, Fauzi Ismail mengatakan bahwa ICON HIC 2019 merupakan bagian dari pertemuan Forum Dekan dan Asosiasi Dosen Ilmu-Ilmu Adab (ADIA) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Asosiasi Dosen Ilmu-ilmu Adab (ADIA) PTKIN se-Indonesia yang berlangsung selama 3 hari, 26-28 Juni 2019 di Grand Aquila Hotel, Bandung.

“Selain konferensi internasional, serangkaian kegiatan lain juga dilaksanakan dalam pertemuan tahunan tersebut, di antaranya pertemuan forum dekan dan forum jurusan/program studi,” kata Fauzi melalui siaran persnya, Kamis (27/6/2019).

Pada forum dekan, Fauzi mengatakan akan membahas pengembangan kelembagaan Fakultas Ilmu Adab dan Ilmu Humaniora di bawah naungan Kementerian Agama. Sedangkan untuk Forum Jurusan/Program Studi akan fokus membahas pendirian asosiasi program studi dan pengembangannya.

“Pertemuan ADIA kali ini merupakan pertemuan yang ke dua belas sejak Asosiasi Dosen Ilmu-ilmu Adab (ADIA) dibentuk pertama kalinya pada Forum Dekan Adab UIN/IAIN/STAIN se Indonesia ke-7 yang dilaksanakan di IAIN Ar-Raniry Banda Aceh di Daka Hotel Banda Aceh pada November 2008 lalu,” kata Fauzi.

Konferensi yang mengusung tema Penguatan Khazanah Lokal dan Budaya Islam dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0 ini turut menghadirkan sejumlah pembicara internasional masing-masing Ronald Lukens-Bull,(Universitas North-Florida, USA), Sutrisno, (UIN Sunan Kalijaga, Indonesia), Dudung Abdurrahman (UIN Sunan Kalijaga, Indonesia), Talal Ahmad el-Awwad el-Hassan (Sudan), Dr. Tengsoe Tjahjono (UNESA, Surabaya) dan Dr. Ajid Thohir (UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia). [rel]