Bahas Teknologi Jammer Lebih Detail, HMP PTE akan Gelar Seminar dan Talkshow

Sumberpost.com ׀ Banda Aceh– Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Teknik Elektro (PTE) akan gelar seminar dan talkshow Arduino Day 2020 yang berlangsung pada tanggal 21 Maret 2020 mendatang di halaman koperasi UIN Ar-Raniry.

Mengusung tema “Inspirasi Arduino Sebagai Ide dan Inovasi Pengembangan Teknologi untuk Pendidikan yang Lebih Maju”, seminar ini nantinya akan menghadirkan pemateri ahli, salah satunya Yuwaldi Away, seorang ahli di bidang Embedded System dan Microprocessor Design.

Kegiatan ini dibuat guna mengetahui lebih detail Teknologi Jammer serta cara pembuatan dan alat yang digunakan. Jammer merupakan sebuah alat yang digunakan pada karya inovasi mahasiswa PTE bernama Islamic Jammer yang sempat diamankan oleh pihak Balai Spektrum Frekuensi Radio (Balmon) kelas II Banda Aceh.  Sekaligus memperingati hari Arduino Dunia.

Baca juga:

Ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro (HIMAPETRO), Nawwal Rizki mengatakan, kegiatan ini penting untuk mengedukasi mahasiswa, terlebih mahasiswa yang kuliah di bidang elektro.

“Ini ajang memperingati hari arduino dunia 2020, maka dari itu, sebagai mahasiswa yang kuliah di bidang elektro wajib bagi kami mengedukasi anak-anak muda generasi bangsa khususnya Aceh, tentang perkembangan teknologi saat ini,” katanya, Minggu (15/3/2020).

Menurut Nawwal, saat ini anak muda harus menciptakan inovasi yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

“Karna pada zaman ini kita harus bisa menciptakan inovasi karya sendiri untuk dinikmati oleh masyarakat. Jadi dengan ini juga bisa menambah peluang usaha kedepan bagi kita,” ujarnya.

Seminar ini nantinya akan mengupas tentang teknologi arduino untuk membuat Islamic Jammer, Robotika, Internet of Things (IoT) dan perangkat lainnya serta akan ada penjelasan bagaimana cara merangkai alat dan memasukkan bahasa pemograman komputer ke dalam alat yang kita bangun.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga akan diisi dengan sesi demo produks arduino karya mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro, seperti tong sampah pintar, alat smarthome berbasis IoT, alat deteksi banjir otomatis, sistem parkir otomatis, serta alat ucap salam otomatis.

Tertarik untuk mengikuti seminar ini?
Anda dapat mengikutinya hanya dengan membeli tiket seharga Rp.15.000,- dengan cara mendaftar di link berikut
https://www.loket.com/event/arduinoday2020
atau mendatangi langsung Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro (HIMAPETRO) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, Banda Aceh sebelum tanggal 19 Maret 2020.[]

Cut Salma H.A