Berikut Panduan KPM-DRI UIN Ar-Raniry 2020

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kondisi COVID-19 yang telah ditetapkan sebagai pandemi saat ini ikut berimbas terhadap Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) pada tahun 2020. Kampus UIN Ar-Raniry telah mempersiapkan kebijakan yang sesuai dengan protokol COVID-19, yaitu melaksanakan KPM dari Rumah Inovatif (DRI), Selasa (21/4/2020).

KPM DRI 2020 ini dapat dikerjakan di rumah masing-masing secara berkelompok maupun individu, dan seluruh proses bimbingan maupun laporan akhir menggunakan aplikasi Google Classroom.

Alasan dilaksanakan KPM DRI ini yaitu mengutamakan fleksibilitas karena mengingat adanya keterbatasan ruang gerak. Mahasiswa bisa memilih ragam kegiatan yang telah disediakan oleh kampus dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, seperti dakwah online, mengajar anak-anak, maupun melakukan berbagai produk kesehatan.

Dalam memilih kegiatan tersebut, diharapkan mahasiswa juga memikirkan efisiensi waktu dan biaya agar dapat membuat laporan dengan baik. Laporan ini dapat dikomunikasikan dengan supervisor menggunakan Google Classroom.

Pembuatan akun KPM DRI dapat dilakukan dengan cara mengaktifkan e-mail mahasiswa Program Sarjana UIN Ar-Raniry.

  1. Setiap mahasiswa memiliki e-mail dengan format user : nim@student.ar-raniry.ac.id
  2. Jika belum pernah mengakses, password default adalah : nim-ddmmyyy
  3. ddmmyyyy merupakan format tanggal lahir sesuai yang tertera di siakad.
  4. Anda dapat langsung log in di www.gmail.com
    Setelah berhasil log in, maka langkah selanjutnya silakan membuka aplikasi classroom atau juga bisa langsung diakses di https://classroom.google.com/, kemudian Anda dapat langsung bergabung di kelas dengan memasukkan kode kelas yang telah diberikan kepada masing-masing mahasiswa.
    Informasi lebih lanjut terkait panduan materi tugas kelas KPM DRI dapat langsung dilihat di akun youtube Kampus UIN Ar-Raniry atau dapat mengakses pada link berikut : https://www.youtube.com/playlist?list=PL5HE8SZj6hEogZ87b9oQy59uuz_d1BzQ- []

Reporter: Fitra Widya Rahma

Editor : Cut Della Razaqna