Di Rumah Aja Bukan Alasan untuk Tidak Produktif

Sumberpost.com | Banda Aceh- Di rumah aja, bukan alasan untuk selalu rebahan dan bermalas-malasan. Walaupun dunia sedang dilanda wabah berbahaya, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk setiap orang tetap berkarya.

Di tengah pandemi Covid-19, ternyata ada banyak hal bermanfaat yang dapat dilakukan. Seperti diskusi online misalnya, atau bisa juga menulis hal-hal menarik di sekitar kita yang dapat dibagikan untuk banyak orang.

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost baru saja melakukan Diskusi Online  (DISKO) dengan mengusung tema “Pembatasan Sosial Bukan Pembatasan Berkarya Melalui Tulisan,” Sabtu (16/5/2020).

Meskipun pemerintah menghimbau untuk membatasi interaksi di luar rumah sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona. Namun hal ini tidak turut membatasi setiap orang untuk berkarya.

Setiap pribadi tentu memiliki bakat dan minat yang berbeda. Di tengah pandemi, ada banyak hal kreatif yang tetap dapat dilakukan meskipun dari balik tembok rumah. Mereka yang hobi menulis misalnya. Siapapun bisa menulis asalkan mempunyai niat. Menulis tidak melulu harus sesuatu yang didapat dari luar rumah.

“Tulis apa yang anda pikirkan, jangan pikirkan apa yang anda tulis,” begitulah secarik kalimat yang dituangkan Zuhri Noviandi Wartawan Kumparan saat diskusi online.

Banyak orang yang bingung harus menulis apa dan mendapatkan ide dari mana. Melalui diskusi ini, Zuhri membagikan pengalamannya. Seringkali pertanyaan yang muncul saat akan menulis adalah, dari mana ide untuk menulis itu muncul, apalagi saat sedang di rumah aja?. Ternyata ide menulis bisa didapat dengan berbagai cara.

Seperti membaca, dengan membaca tulisan orang lain, kita akan mendapatkan ide. Tak hanya itu, dengan membaca, kita juga bisa memperkaya kosa kata. Kemudian mendengarkan, sering-sering lah ikut diskusi dan sharing tentang menulis supaya menambah wawasan. Mendengar yang dapat menghasilkan ide juga bisa kita dapat dari musik bahkan dari kicauan burung sekalipun.

Cara lainnya yaitu dengan melihat, ide menulis bisa didapat dengan melihat apapun yang ada di sekeliling kita. Lihatlah sisi menarik suatu peristiwa dari berbagai sudut pandang.

Tak hanya itu, kita juga bisa mendapatkan ide dengan merasakan. Merasakan di sini adalah merasakan apa yang kita alami. Tulisan yang baik adalah tulisan yang dapat menyentuh emosional pembacanya.

Terakhir, kita dapat menemukan ide bahkan saat sedang ngobrol. Percakapan yang terjadi antara dosen dan mahasiswa dapat menjadi ide untuk menulis. 

Lantas bagaimana nilai informasi dari sebuah tulisan sehingga tidak hanya berguna untuk penulis saja tetapi juga untuk orang lain?

Zuhri mengatakan, setiap tulisan memiliki nilai informasi tersendiri. Meskipun menulis dari rumah, penulis tetap dapat memberikan informasi kepada pembaca.

“Saat di rumah aja, penulis bisa menulis artikel ringan, seperti memberikan tips-tips misalnya, sehingga bisa dilakukan oleh orang lain,” katanya.[]

Penulis : Riska Zulfira
Editor : Cut Salma H.A