Gowes, Trend Olahraga untuk Mencegah Polusi Udara

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga selama beberapa waktu ini tampak lebih meningkat terutama sejak ada pandemi Covid-19. Salah satu olahraga yang menjadi pilihan masyarakat saat ini adalah bersepeda atau gowes.

Olahraga ini menjadi tren selama pandemi. Itu bisa dilihat dari banyaknya orang menyerbu sepeda dengan harga jutaan rupiah.

Hampir di setiap sudut kota terlihat pesepeda setiap harinya melintasi jalan raya, tentunya dengan sepeda-sepeda terbaru milik mereka. Siapa saja yang melakukan gowes tentunya memiliki tujuan sendiri.

Salah satu mahasiswa Poltekes, Satira Fuady mengaku gowes merupakan kegiatan yang sering ia lakukan dan sangat menyenangkan baginya. Menurutnya, dengan bersepeda, ia bisa menciptakan hidup sehat di tengah pandemi serta turut mengurangi polusi udara.

“Senang aja gitu, karena gowes bisa untuk olahraga, bisa mengurangi polusi juga, pokoknya hidup sehatlah. Apa lagi zaman sekarang serba mudah, semua menggunakan sepeda motor maupun mobil, jadi kurang olahraga,” katanya saat dihubungi via WhatsApp, Rabu (15/7/2020).

Lalu apa yang membedakan Gowes sebelumnya dengan gowes di masa pandemi?

Kegiatan bersepeda memang sudah ada sejak dulu. Bedanya, gowes yang dilakukan sekarang semakin ramai, tidak hanya orang yang bergabung dalam kelompok khusus sepeda saja.

“Hanya saja kalau sekarang lebih seru gowesnya, sekarang udah ramai, apa lagi semenjak Covid, jadi untuk cari teman gowes udah enak sekarang, gak kayak dulu masih satu-satu,” jelasnya.

Selain itu, alumni UIN Ar-Raniry, Selamat Ariga mengatakan, bersepeda bisa dilakukan sendiri atau bahkan bisa bersama kelompok khusus pesepeda. Ia mengaku saat ini sudah berrgabung di beberapa tim gowes untuk mewujudkan hobi yang ia tekuni sekarang.

“Untuk sekarang saya aktif di 3 kelompok gowes, yaitu Adhiyaksa Bike Community (ABC), kelompok gowes kejaksaan tinggi Aceh; IMPAK Squad Tim, tim gowes paguyuban; dan Baiturrahman Bike Community (BBC), tim gowes yang dibentuk remaja masjid raya Baiturrahman Banda Aceh baru-baru ini yang tergetnya mengajak sehat dari masjid,” tuturnya. []

Penulis: Riska Zulfira
Editor: Cut Della Razaqna