Ini 8 Tuntutan Mahasiswa Saat Demo ke Kantor DPR Aceh

Sumberpost.com|Banda Aceh- Aksi unjuk rasa menggugat kinerja Plt Gubernur Aceh dan DPRA dilakukan oleh sekelompok masa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Aceh.

Para mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Aceh itu tampak kompak berjalan kaki dari Simpang Lima Banda Aceh menuju kantor DPRA, Selasa (8/9/2020).

Koordinator aksi, Dede Adistira mengatakan, adapun salah satu tuntutan yang diajukan ialah tidak bermaksud untuk menurunkan Plt Gubernur Aceh, melainkan meminta pertimbangan pihak DPRA untuk menindaklanjuti kinerja dari Plt Gubernur, Nova Iriansyah.

“Sekali lagi, tujuan kami bukan meminta Plt Gubernur turun, tujuan kami untuk meminta DPRA mengevaluasi kinerja-kinerja dari pada plt gubernur Aceh,” kata Dede.

Kemudian, Wakil Presiden mahasiswa UIN Ar-Raniry itu juga meminta para pimpinan DPRA untuk segera menindaklanjuti poin-poin tuntutan yang sudah ditandatangani oleh Ketua DPR Aceh, Dahlan Jamaluddin.

“Kami minta poin yang sudah ditandatangani ini agar segera ditindaklanjuti, jangan hanya menjadi hitam di atas putih saja,” tegas Dede.

Berikut delapan poin tuntutan yang diajukan Aliansi Mahasiswa Aceh kepada pimpinan DPRA :

Tuntutan yang Diajukan Aliansi Mahasiswa Aceh kepada Pimpinan DPRA
  1. Segera mempublikasikan secara transparan laporan anggaran Covid-19 pada sektor yang telah dianggarkan.
  2. Segera nerealisasikan anggaran bantuan pendidikan dan pemenuhan fasilitas penunjang jalannya pendidikan di Aceh (Selama pandemi Covid-19).
  3. Segera melakukan pemerataan fasilitas kesehatan (tenaga medis, alat kesehatan, tempat isolasi/rawat pasien Covid-19) pada setiap kabupaten sebagai bentuk penanggulangan Covid-19 yang maksimal serta tidak sentralistik.
  4. Memperjelas sistem zonasi Covid-19 disetiap kabupaten/kota serta mempublikasikan data statistik dengan sebenar-benarnya (penanganan untuk zona merah, kunig dan hijau).
  5. Segera memberikan peehatian khusus terhadap pekerja yang kehilangan pekerjaan selama masa pandemi Covid-19.
  6. Segera membatalkan program-program yang tidak menjadi prioritas dan tidak pro masyarakat kecil dalam masa pandemi Covid-19.
  7. Mendesak DPRA segera mengoptimalkan fungsi dari naungan komisi pendidikan, keuangan dan kesehatan.
  8. Mendesak DPRA segera menghadirkan Plt Gubernur Aceh dalam tempo 2 x 24 jam, serta melibatkan aliansi mahasiswa aceh selama berlangsungnya sidang evaluasi kinerja Plt Gubernur Aceh (eksekutif). []

Reporter: Rianza Alfandi

Editor: Cut Della Razaqna