Obat Tradisional Atasi Demam Sebelum ke Dokter

Sumberpost.com | Aceh – Mendengar kata demam memang sudah menjadi kondisi wajar bagi tubuh seseorang. Dimana kondisi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kurang istirahat yang akan mempengaruhi kondisi suhu tubuh seseorang.

Terkadang orang mulai panik ketika berada dalam kondisi tersebut, terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Sehingga yang terlintas saat itu adalah membeli berbagai jenis obat.

Padahal, tanpa kita sadari sebenarnya kita sendiri dikelilingi oleh berbagai tumbuhan yang memiliki manfaat untuk menurunkan demam. Bukankah dengan begitu kondisi tubuh kita akan lebih sehat daripada mengonsumsi obat-obatan yang berbahan dasar zat kimia?

Berikut beberapa jenis daun beserta khasiatnya yang dapat digunakan untuk menurunkan demam.

1. Daun Mulu
Kebanyakan orang hanya memetik bunganya saja. Selain memiliki bentuk yang indah, aroma yang dihasilkan juga sangat harum.

Namun sebenarnya, pada daun mulu terdapat khasiat yang besar terutama untuk menurunkan suhu tubuh disaat demam.

Daun tersebut dikonsumsi dengan campuran air.

2. Daun Durian
Biasanya orang-orang hanya memanfaatkan buah dan batang durian saja bukan? Ternyata daun durian juga memiliki khasiat yang tidak kalah efektifnya seperti daun mulu. Kebanyakan masyarakat Aceh pada umumnya menggunakan daun durian untuk dijadikan obat penurun panas dengan meminum air dari larutan daun ini.

Selain itu, masyarakat Aceh juga memanfaatkan daun durian sebagai bahan dasar makanan tradisional.

3. Daun Angsana
Selain memiliki bunga dengan tampilan yang indah ternyata daun angsana memiliki khasiat untuk menurunkan demam, seperti dua jenis daun sebelumnya, masyarakat menggunakan cara yang sama dalam hal mengolah obat tersebut, yaitu dengan melarutkan daun angsana dengan air.

Tapi sayangnya, karena pohon ini bukan kategori tumbuhan yang dilestarikan jadi tidak banyak orang-orang yang mengetahui khasiat tersebut.

Ketiga jenis tumbuhan tersebut sangat mudah untuk dijumpai, terutama bagi masyarakat yang berda di daerah pedesaan. Khususnya masyarakat di Aceh yang sering menggunakan ketiga jenis tumbuhan tersebut sebagai pertolongan pertama sebelum mengonsumsi obat dari dokter.[]

Penulis: Nurul Hidayah
Editor: Uswatul Farida