Ospek Online UIN Ar-Raniry Akan Berlangsung Esok

Sumberpost.com | Banda Aceh- UIN Ar-Raniry memutuskan Pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) atau ospek dilakukan daring untuk tahun 2020.

Protokol penyambutan mahasiswa baru ini dilakukan secara daring mengingat pandemi corona di Tanah Air belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda.

Selain aktivitas belajar-mengajar, kegiatan PBAK atau masyarakat lawas menyebutnya ospek, juga terpaksa dirancang serupa.

Pihak kampus sudah menyiapkan materi pengenalan kampus secara daring yang juga melibatkan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan akan diterapkan esok hari, Selasa (29/9/2020).

Presiden Mahasiswa UIN Ar-Raniry, Reza Hendra Putra mengatakan, PBAK daring yang akan diikuti oleh 3477 mahasiswa baru ini, akan berlangsung selama lima hari.

“Kali ini kita buat secara online. Sampai saat ini jumlah peserta yang terdata ada 3477 orang, dan akan dilaksanakan mulai 29 September sampai 3 Oktober,” katanya, Senin (28/9/2020).

Reza juga menyebutkan, meskipun PBAK kali ini dilakukan secara daring, namun sifatnya tetap wajib bagi seluruh mahasiswa baru.

“Tetap bagi mahasiswa baru wajib mengikuti PBAK ini, dan nantinya ada persyaratan yang menjadi penilaian kelulusan PBAK yang digunakan untuk pengambilan sertifikat,” ujarnya.

Sementara untuk mekanismenya, Reza mengatakan, pengenalan kampus akan dilakukan menggunakan konsep webinar, live streaming, dan juga menggunakan aplikasi Telegram.

Meskipun dilakukan secara daring, mahasiswa baru juga wajib menggunakan dresscode sebagaimana yang sudah ditentukan.

“Tetap menggunakan baju hitam putih. Mahasiswa baru juga harus tetap mengikuti peraturan yang ada, sudah diinformasikan ke mahasiswa baru melalui mentor-mentor, baik dari fakultas maupun jurusan,” katanya.

Sementara itu, saat PBAK esok, sebagian panitia tetap berada di kampus untuk berkoordinasi satu sama lain dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.[]

Laporan : Cut Salma H.A
Foto : Dok. Sumberpost 2018