Ingantanmu Lemah, Yuk Amalkan Tips di bawah Ini

Siapa yang tidak mau mempunyai daya ingat yang kuat, terlebih dalam hal belajar. Kadang sering kali kita kewalahan untuk menguasai semua materi pelajaran di sekolah maupun kampus.

Manusia telah diberikan titipan yang luar biasa oleh tuhan sang maha pencipta, salah satunya adalah IQ.  Namun IQ tersebut tidak akan berfungsi secara maksimal apabila kita tidak mengasah dan melatihnya. Seperti halnya bayi dalam kandungan yang diperdengarkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa Al-Qur’an mampum memberikan pengaruh yang  sangat positif dan signifikan terhadap saraf manusia. Baik itu kelompok manusia yang bisa berbahasa Arab, muslimin yang tidak bisa berbahasa Arab, maupun non muslimin yang tidak bisa berbahaa Arab. Semua memberikan respon baik. Begitulah dahsyatnya kekuatan ilmu dalam Al- Qur’an.

Ketegangan-ketegangan saraf akan mempengaruhi disfungsi pada organ tubuh manusia, begitupula dengan kadar IQ. Kenapa ada orang kadang IQnya rendah?, dan sebagiannya lagi IQnya berada diposisi standar (rata-rata)?, lalu pernah juga kita mendengar bahwa IQnya mencapai score yang sangat tinggi?.

Kita meyakini bahwa kecerdasan manusia itu bukan tanpa upaya. Pasti ada kebiasaan yang mereka tekuni. Berikut adalah beberapa tips meningkatkan kadar IQ.

1.            Menyedikitkan makan

Rasulullah SAW telah bersabda dalam sebuah hadits yang artinya “Tiga hal yang dapat menyebabkan kerasnya hati adalah senang tidur, senang istirahat, dan senang makan”.

Makan, tidur, dan istirahat merupakan tiga hal yang dibutuhkan setiap manusia demi kelangsungan hidupnya di dunia ini. Namun ketiga hal itu tidaklah baik apabila dilakukan dengan berlebihan. Untuk itu, tidur, istirahat dan makanlah kamu sesuai dengan kadarnya.

2.            Membiasakan melaksanakan ibadah shalat malam

Telah kita ketahui bersama bahwa shalat malam merupakan waktu paling baik untuk meminta segala pertolongan kepada Allah. Karena ibadah pada malam hari dapat mengantarkan kita kepada kekusyukan ditengah keheningan. Oleh sebab itu, ini menjadi pengaruh yang luar biasa terhadap daya ingat kita. Selain mendapatkan pahala yang tinggi, shalat malam mampu mengusir setan yang mengunci ketiga sisi kepalanya, jika tidak sengera bangun, kemudian berwudhu dan shalat maka seorang hamba akan melewati hari-harinya dengan penuh kemalasan

3.            Membaca Al Quran sambil melihat kepada mushaf

Tidak ada lagi bacaan yang mampu meningkatkan daya ingat dan memberikan ketenangan kepada seseorang selain membaca Al-Qur’an. Hal ini telah dibuktikan oleh jutaan orang di luar sana yang meraih kesuksesan dengan mengamalkan ilmu Al-Qur’an.

Mutamminal Ula, adalah salah seorang aktivis dakwah yang memiliki 10 orang putra yang semua berhasil menjadi penghafal Al-Qur’an alias hafiz. Hebatnya lagi, kesemua putranya tersebut jua memiliki prestasi yang gemilang, dari prestasi akademik, jabatan keorganisasian, dan sejumlah juara kompetisi lainnya.

4.            Rajinlah bersujud

Sujud memiliki manfaat yang luar biasa dala hal mencerdaskan otak. Kalimat ini mengungkapkan jabaran yang sangat luas, nah arti sujud disini adalah rajinlah shlat, karena dalam shalat terdapat sujud. Rajinlah berdo’a, karena jarak seorang hamba yang paling dekat dengan penciptanya adalah sujud. Rajinlah bertaubat, karena taubat yang sesungguhnya akan meluluhkan hati seorang hamba dan menangis dalam sujud.

Konon, ada beberapa urat-urat saraf otak manusia yang tidak bisa dimasuki oleh darah. Padahal penelitian membutikan bahwa pada setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup agar dapat berfungsi dengan normal. Hingga akhirnya ditemulah jawaban  bahwa darah tidak akan memasuki urat saraf di dalam otak melainkan saat seseorang sedang bersujud. Maka jikaningin dicerdaskan oleh Allah, rajinlah bersujudwaktu.

5.            Jangan tinggalkan shalat 5 waktu

Bagaimana mungkin kita diberi upah oleh bos apabila kita belum menyelesaikan pekerjaan?. Bagaimana mungkin kita diberi jajan oleh emak kalau belum melaksanakan apa yang ia suruh?. Dan bagaimana mungkin Allah menjaga kita apabila kita melalaikan perintahnya?.

Ya, keberhasilan orang-orang sukses tidak cukup dengan usaha lahirnya saja melainkan dibantu dengan usaha batin, yaitu ibadah serta pendekatan kepada sang pencipta. Maka jika ingin mendapatakan pertolongan Allah tunaikan lah hak-hak kita sebagai seorang muslimin sejati.

6.            Jangan puas terhadap satu ilmu

Memiliki kepuasan adalah penyakit yang sangat buruk bagi seorang pelajar sejati.   Karena rasa puas adalah jebakan yang membuat diri merasa hebat dan malas untuk terus meningkat. Ini wajib dihindari oleh para pelajar. Dengan merasa puas terhadap satu ilmu pengetahuan yang mereka tahu, itu akan membuat diri menjadi pribadi yang statis, padahal dunia terus berkembang. Dan akibat kepuasaan itu tanpa kita sadari, kita memutuskan untuk tertinggal dari perkembangan zaman.  Apakah anda mau?

Jiwa yang senantiasa lapar terhadap ilmu pengetahuan, maka sesungguhnya ia sedang melatih diri dan mengasah otak untuk terus berfikir. Sehingga daya ingat akan semakin kuat akibat otak yang terus diajak berlatih.

7.            Cintai kesenian

Mencintai seni bukan saja termasuk hobi yang dapat menyenangkan hati dan mata. Seni rupanya dapat mengasah daya otak kanan menjadi lebih baik. Bukan otak kiri saja yang perlu perhatian dan mengesampingkan otak kanan, kedua belah otak kita ini hendaknya didayungkan dengan maksimal agar potensi keduanya bisa terpakai. Padahal kita tahu bahwa otak kanan adalah otak kreativitas namun sering kita abaikan begitu saja. Seperti pepatah ilmuan muslim “ aku sangat takut kepada sapi, sebab ia punya tanduk namun tak punya akal,” begitulah ibaratnya otak kita. Kita dikaruniakan otak untuk berfikir tapi jika kedua belah otak tidak difungsikan dengan baik maka sia-sia.

Penulis: Saadatul Abadiah

Editor: Cut Salma H.A