Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Gelar Konferensi Internasional Kemahasiswaan Virtual

Sumberpost.com | Banda Aceh – Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry telah menyelenggarakan Virtual International Student Conference II : “Positive and Islamic Psychology” selama dua hari pada 13 dan 14 Januari 2021. Konferensi ini merupakan kolaborasi antara organisasi kemahasiswaan Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry, meliputi Senat Eksekutif MAHASISWA Fakultas (Sema-F), Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema-F), dan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Psikologi, Peers Lighter Associations (PLA) dengan kerjasama dari Fakulti Pembangunan Manusia, Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia (UPSI).

Konferensi ini mengusung tema “Islamic and Positive Psychology”, dalam rangka mengembangkan temuan-temuan ilmiah yang baru dan fenomenal dalam ruang lingkup Psikologi positif dan psikologi Islam. Adapun sub-tema yang diangkat dalam konferensi ini mencakup bidang Psikologi Pendidikan, Psikologi Indigenous, Psikologi Sosial, Psikologi Kesehatan dan Psikologi Klinis. Para presenters dan peserta konferensi terdiri dari mahasiswa/i se-Indonesia dan Malaysia termasuk dari kampus tuan rumah UIN Ar-Raniry, serta beberapa kampus ternama lainnya seperti Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia, Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Udayana, Universitas Syiah Kuala dan beberapa Universitas lainnya.

Pembukaan acara dimulai pada hari Rabu, pukul 08:00 WIB via Zoom Webinar. Acara yang disertai oleh kurang lebih 183 orang peserta ini dibuka dengan sambutan oleh saudari Cut Nova Rizki Wulandari sebagai MC utama. Kemudian dilanjutkan dengan laporan dari ketua panitia, Eka Themety Putri Irwandilla. Kata sambutan turut disampaikan oleh Dekan Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Dr. Salami, MA, Dekan Hal Ehwal Pelajar dan Alumni Fakulti Pembangunan Manusia, Universiti Pendidikan Sultan Idris, Dr. Md. Noor Bin Saper, serta kata sambutan sekaligus pembukaan acara oleh wakil Rektor III UIN Ar-Raniry, Dr. Saifullah S.Ag.

Pada kata sambutannya, Dr. Md. Noor Bin Saper, berharap dengan adanya acara Student Conference ini mahasiswa atau peneliti muda dapat mengembangkan lagi keilmuannya dalam bidang yang ditekuni serta menambah pengetahuan khususnya dalam keilmuan penelitian ilmiah serta menyambung relasi antar mahasiswa dalam dan luar negeri, khususnya antara kampus-kampus di Indonesia dan Malaysia.

Adapun pembicara utama dan pembicara undangan dalam sesi konferensi ini merupakan alumni Psikologi UIN Ar-Raniry dan dosen serta alumni dari kampus UPSI sendiri. Sesi pertama yang berlangsung pada tanggal 13 Januari 2021 diisi oleh dua orang pembicara utama yaitu Dr. Syafrilsyah, M.Si dari UIN Ar-raniry, dan Dr Wan Nur Izza binti Wan Husin dari UPSI. Kemudian, presenter diarahkan untuk bergabung di panel masing-masing yang terdiri dari lima buah panel presentasi serta satu panel utama. Konferensi hari pertama ditutup dengan kesimpulan dari para presenter dan sesi tanya jawab oleh para peserta.

Sementara pada sesi kedua yaitu pada tanggal 14 Januari 2021, konferensi pada panel utama diisi oleh enam orang pembicara undangan lainnya yaitu Rita Mulyani, Arief Hidayatullah, dan Zulfa Rahmah yang merupakan alumni Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry, serta Noraishah binti Sarju, Azeera Azlin binti Rohimi dan Maulida Shanti Yusuf S.Psi. B.Psych(Hons), M.Ed dari UPSI. Kemudian sesi berlanjut pada masing-masing panel dan seluruh peserta diarahkan kembali pada panel utama diakhir sesi yang diisi oleh pembicara undangan. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih empat jam itu diselingi dengan sesi tanya jawab oleh peserta.

Acara berakhir pukul 12.30 WIB (Kamis) dan ditutup dengan pengumuman pemenang bagi kategori yang telah ditentukan yaitu “Best Abstract” dan “Best Presenter”. adapun para pemenang bagi kategori “Best Abstract” diraih oleh Hafni Laily Indriana (UIN Ar-Raniry), Lutfi Rahman dkk (Universitas Syiah Kuala), Yunita dkk (Universitas Syiah Kuala), Siti Sarah dkk (Universitas Syiah Kuala), dan Athiyyah dkk (UIN Ar-Raniry). manakala nama-nama pemenang bagi kategori “Best Presenter” adalah M. Reza Rifki (UIN Ar-Raniry), Norfaezah Binti Zakaria (UPSI), Nurul Jannah Binti Nasrudin (UPSI), Fitrah Nabila Dista (Universitas Serambi Mekah), Raudhatul Jannah (UIN Ar-Raniry), dan Jananie Chandrarao (UPSI).

Ida Fitria S.Psi., M.Sc, selaku penasehat program Virtual International Student Conference II ini berharap agar acara ini dapat merubah mindset mahasiswa yang cenderung tidak tertarik dengan penelitian dan orientasi agar skripsi tidak hanya menjadi koleksi perpustakaan duduk diam cantik dalam rak-rak yang berdebu. “Sedangkan dalam sesi visitasi yang lalu, Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry telah mendapatkan Akreditasi B. Salah satu poin yang ditekankan assesor pada dosen adalah bagaimana melahirkan dan melatih mahasiswa agar terlibat dalam penelitian dosen/fakultas bukan hanya sebagai enemurator tapi juga bagaimana mereka menjadikan pengembangan tema penelitian tersebut menjadi ide mandiri yang juga memperkuat visi dan misi fakultas,” ujar beliau.

“Semoga para presenter dan peserta mendapat manfaat dari acara Virtual International Student Conference II ini, mengingat di Era pandemic covid-19, banyak mahasiswa mulai bosan dengan metode perkuliahan daring yang monoton. Disaat yang sama inilah, kita sebenarnya punya kekuatan untuk membuat jarak jauh menjadi dekat tanpa perlu biaya, yaitu melalui media virtual. Semoga kedepan kita bisa berkolaborasi dengan universitas dari manca negara yang lain tanpa harus memikirkan passport dan tiket pesawat,” tambahnya. [rel]