Bakti Sosial Dema UIN Ar-Raniry Jangkau Lokasi Pedalaman Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan bakti sosial (baksos) ke daerah pedalaman Aceh Timur dengan menempuh enam jam perjalanan melalui jalur sungai.

Daerah pedalaman Aceh Timur yang ditujui yakni Desa Rantau Panjang, Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (28/1/2020).

“Memakan waktu kurang lebih enam jam, kami berangkat dari Aceh Tamiang jam setengah dua, sampai jam setengah delapan malam,” ujar Dede Adistira selaku koordinator kegiatan.

Menurut Dede, alasan DEMA UIN Ar-Raniry memilih desa tersebut karena mengingat kondisi desa yang kerap luput dari perhatian pemerintah.

“Kami melakukan baksos di sana mengingat kondisi di sana yang memang sangat memprihatinkan, seperti susahnya akses jalan, jaringan dan hal lainnya,” katanya.

Dalam kegiatan baksos ini, kata Dede, pihaknya lebih kepada kegiatan meninjau kondisi desa yang kemudian bertujuan diadvokasikan ke pihak  pemerintah khususnya.

“Pada kali ini mungkin kami lebih ke melihat situasi dan memberikan berbagai pemahaman kepada masyarakat setempat, kemudian kami juga akan berusaha untuk mengajukan kepada pemerintah terkait kondisi di desa ini,” ujar Dede.

Dede menambahkan, kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu bentuk kepedulian besar dari Mahasiswa UIN Ar-Raniry umumnya untuk membantu daerah terpencil dan terisolir.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, DEMA UIN Ar-Raniry Banda Aceh bersama beberapa UKK dan UKM lainnya melakukan bakti sosial dari tanggal 26 sampai 30 Januari ke Desa Rantau Panjang, Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur.[]

Penulis : Rianza Alfandi
Editor : Cut Salma H.A