Akses Jalan Rusak Parah, Mahasiswa Minta Pemerintah Perhatikan Pedalaman Aceh Timur

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN Ar-Raniry meminta pemerintah memberi perhatian lebih untuk daerah Bedari, Aceh Timur yang masih kurang tersentuh dari pembangunan infrastruktur.

Sebelumnya, Dema UIN Ar-Raniry telah melaksanakan kegiatan bakti sosial di daerah tersebut.

Presiden Mahasiswa UIN Ar-Raniry, Reza Hendra Putra mengatakan, ada hal penting yang juga perlu diperhatikan oleh pemerintah, yaitu pembangunan akses darat menuju Desa Rantau Panjang, tepatnya ke Dusun Bedari yang masih sulit dilalui dan sangat rusak.

“Ini salah satu kendala yang ada di gampong itu, bisa kita lihat salah satu akses dan satu-satunya jalan darat menuju dusun Bedari. Tidak bisa digunakan, begitu buruk jalan itu,” kata Reza, Jum’at (29/1/2020).

Mirisnya, jalan yang merupakan satu-satunya akses darat menuju Dusun Bedari tersebut terlihat mati total. Padahal, jalan tersebut adalah akses terdekat yang digunakan warga untuk menjual hasil pertanian ke wilayah Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang.

“Jalan ini bisa kita lihat mungkin mati total. Ini lah satu-satunya akses yang digunakan oleh warga untuk menuju ke Aceh Tamiang atau Aceh Timur, Langsa atau lain sebagainya. Tapi apa boleh buat, warga terpaksa harus menggunakan akses sungai atau bot yang memakan waktu hingga enam jam, padahal kalau lewat darat bisa hanya dua jam,” katanya.

Seharusnya, kata Reza, pemerintah memprioritaskan pembangunan pada tempat-tempat pedalaman dan pelosok seperti di dusun bedari. Minimalnya, pada akses jalan darat dilakukan proses pengerasan atau pengaspalan. Sehingga ekonomi masyarakat terpencil bisa semakin membaik.

Sebab itu, aktivis kampus biru itu berharap kepada pemerintah agar melakukan survei dan turun langsung ke lapangan, kemudian memprogramkan pembangunan ke Desa Rantau Panjang, khususnya ke Dusun Bedari.

“Tahun ini harus ada program perbaikan jalan, jika memang tidak bisa tahun ini, tahun depan itu wajib bagi pemerintah Aceh, Pemerintah Aceh Timur untuk segera memperbaiki kondisi-kondisi untuk mensejahterakan rakyat atau masyarakat-masyarakat di pedalaman,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang tokoh masyarakat Dusun Bedari, Sabnu, saat Sumberpost turut ikut serta dalam kegiatan baksos.

Ia meminta pemerintah segera melakukan perbaikan pada akses jalan menuju wilayah setempat, karena sudah sangat lama masyarakat mengalami kesusahan dalam hal akses darat.

“Sudah enam tahun kalau tidak salah saya, sudah kami usulkan semua ini, saya merasa sedih juga melihat warga yang udah lama kesulitan seperti ini,” ujarnya.[]

Penulis : Rianza
Editor : Cut Salma H.A