BEM USAKTI Adakan Webinar Informasi

Sumberpost.com | Banda Aceh – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Trisakti (BEM USAKTI) mengadakan web seminar (webinar) informasi dengan tema “Pentingnya Peran Fotografi Dalam Penyebaran Informasi di Media” melalui Zoom dan YouTube live, Sabtu (20/2/2021) pukul 13.00-15.00 WIB.

Adapun pemateri dalam webinar tersebut, Mast Irham, seorang Photo Jurnalist, Chief Photographer, EPA for Indonesia, dan Co-Founder 1000kata.

Dalam penyampaian webinarnya, Mast menjelaskan, fotografi adalah hal yang sangat penting, bahkan menjadi sebuah keharusan. Kini semua orang adalah fotografer.

“Fotografi dapat dilakukan untuk berbagai hal, bahkan semua orang punya kamera di sakunya, inilah fakta yang tidak biasa dipungkiri lagi,” ujarnya.

Selain itu, Mast mengatakan, fotografi bisa digunakan dalam berbagai hal, foto jurnalistik khususnya yaitu untuk menyampaikan fakta.

“Sebenernya foto jurnalistik harus sesuai dengan apa yg diterima orang dan yang kita perbuat,” terangnya

Kemudian Mast menjelaskan, seorang fotografer harus pandai dalam membuat caption, memilih foto yang layak disetor ke editor, dan membuat caption yang sesuai.

Selanjutnya, Mast menambahkan, semua orang bisa memotret tapi tidak semua dapat mempublikasikan ke media.

“Wartawan punya batasan untuk memotret di ruang publik, karena mempunyai hak tertentu untuk mempublikasikannya agar dapat dikonsumsi oleh publik,” tambahnya

Dari pada itu, Mast mengatakan, tantangan untuk masyarakat saat ini, bagi seorang foto jurnalistik harus bisa menyaring mana foto yang layak dan tidak layak.

“Ketika kita bisa memilah antara foto hoax dan fakta, disitulah yang membedakan foto karya jurnalistik dan foto di media sosial, ” katanya

Jadi itulah mengapa foto jurnalistik berbeda, karena dia bukan hanya motret, tapi harus sesuai juga dengan kaidah jurnalistik. []

Reporter: Hasni Hanum

Editor: Saadatul Abadiah