Abaikan PBAK, Maba UIN Ar-Raniry Dipastikan Tidak Dapat Sertifikat

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) untuk mahasiswa baru (maba) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh resmi dibuka hari ini, Kamis (26/8/2021).

Sekretaris Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aufar Farizi, mengatakan PBAK adalah momen sakral yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UIN Ar-Raniry, sehingga maba dipastikan tidak dapat sertifikat PBAK jika tidak mengikuti serangkaian kegiatannya.

“Kami pastikan mahasiswa baru yang tidak mengikuti PBAK tidak akan mendapatkan sertifikat kelulusan PBAK yang diperuntukkan untuk kebutuhan persidangan kelulusan, sehingga tidak ada alasan apapun untuk tidak mengikuti PBAK,” kata Aufar.

Aufar menuturkan, PBAK merupakan suatu hal yang wajib diikuti oleh semua maba karena banyak manfaat yang akan ditemukan, mulai dari informasi akademik, Organisasi Mahasiswa (Ormawa), informasi internal dan eksternal kampus. 

“Jangan pernah mahasiswa menganggap dengan mengatakan PBAK itu tidak penting. proses PBAK adalah cara untuk kita semua bisa mencintai almamater yang kita kenakan bersama. Semua momen akan terekam menjadi kenangan pernah menjadi mahasiswa baru,” jelasnya.

Aufar menyebutkan, sertifikat PBAK nantinya akan diperlukan sebagai salah satu syarat administrasi untuk mengikuti proses sidang skripsi mahasiswa.

“Jika pada PBAK kali ini mahasiswa baru tidak mendapatkan sertifikat PBAK maka secara tidak langsung harus mengulang lagi pada tahun depan,” kata Aufar.

Diketahui, PBAK tahun ini digelar secara dalam jaringan (daring) dan akan berlangsung selama tiga hari ke depan. []

Reporter : Hasni Hanum