Peringati 17 Tahun Tsunami, Komunitas Film Trieng Bersama HMP KPI Gelar Nobar

Sumberpost.com | Banda Aceh – Komunitas Film Trieng yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar nonton bareng di Aula Museum UIN Ar-Raniry pada Selasa, (28/12/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan III, Misbah Lembong, Ketua Prodi KPI, Azman Sulaiman, Sekretaris Prodi KPI, Hanifah, ketua prodi S2 KPI, Abdul Rani Usman, Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Aceh yang juga merupakan alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, M. Nasir Djamil dan juga para mahasiswa dari beberapa fakultas dan universitas di Banda Aceh.

Nonton bareng pada Desember to remember bertujuan untuk membuka kembali memori dan cerita soal bencana alam stunami Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004 silam. Yang dituangkan melalui film karya komunitas film Trieng.

Wadek III, T. Misbah Lembong menyampaikan, jika kegiatan Desember to remember ini merupakan kegiatan yang diharapkan bagi fakultas.

“Desember to remember sebenarnya kegiatan yang diharapkan oleh fakultas, karena dengan ada kegiatan seperti lahirlah kreativitas yang baru. Karena kreativitas merupakan hal yang sangat dibutuhkan dimasa depan,” jelasnya.

Melalui film yang ditayangkan, Komunitas Film Trieng juga menampilkan bagaimana kini Provinsi Aceh khususnya Banda Aceh bangkit untuk kembali membangun tatanan kota serta segala aspek kehidupan, terutama bangunan-bangunan yang dulu sempat hancur disapu oleh air dan beberapa fasilitas umum. Berikut beberapa film yang ditayangkan pada Desember to Remember 2021, diantaranya ialah, Beda Jioeh, Haba Paleh dan Kruong Pade.

Akbarul Mukminin Pohan, selaku ketua panitia juga menjelaskan, jika acara ini juga sebagai ajang pembangkit semangat untuk menegakkan kembali Aceh.

“Kegiatan ini merupakan ajang untuk kembali membangkitkan semangat untuk membangun Aceh yang sempat hancur disapu gelombang stunami, agar Aceh bisa lebih maju,” jelasnya.

Anggota DPR RI, M.Nasir Djamil berharap, jika kegiatan seperti ini terus dipelihara semangat dan kreativitasnya, terlebih lagi jika bisa diisi dengan nilai-nilai yang bermanfaat, sehingga nilai-nilai tersebut bisa mengiringi kreativitas mahasiswa.

“Semoga kedepannya kreativitas jadi lebih baik, tampilan yang ditampilkan juga syarat dengan seni dan kreativitas, serta memiliki nilai. Sehingga nilai-nilai seperti ini yang mengiringi kreativitas adik-adik mahasiswa. Karena jika tidak memiliki nilai, dikhawatirkan tidak diminati masyarakat, karena orang suka nilai dan jika nilai dibungkus dengan kreativitas maka hal itu seperti yang telah kita saksikan tadi, Remember to Desember,” tutupnya. []

Reporter : Uswatul Farida