Asah Kemampuan Menulis Skripsi, Sahabat Qalam dan KAMMI UIN Ar-Raniry Gelar Webinar

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sahabat Qalam dan KAMMI Komisariat UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar webinar nasional dengan mengusung tema “Trik Mencari Masalah Penelitian dan Bedah Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif” yang diadakan mulai tanggal 15-22 Januari, secara virtual via Zoom dan YouTube, pada Sabtu (22/1/2022).

Pelatihan tersebut merupakan kolaborasi yang diadakan oleh Sahabat Qalam dan KAMMI UIN Ar-Raniry dengan tujuan memberikan tambahan ilmu serta wawasan kepada para mahasiswa terkait dengan dunia skripsi serta sebagai wadah untuk saling berbagi informasi (sharing) antara dosen dan para mahasiswa selaku pihak yang terlibat dan juga ikut membantu menyelesaikan permasalahan terkait dengan tugas akhir mahasiswa tersebut.

Efanda Putri Rahayu, selaku ketua panitia menjelaskan bahwa melalui webinar ini, para pejuang skripsi diharapkan bisa lebih paham soal pemilihan metode penelitian, seperti kuantitatif dan kualitatif.

“Ikutilah webinar ini dengan seksama, dikarenakan penting buat kalian khususnya pejuang skripsi dimana harus memilih antara kuantitatif dan kualitatif. Saya harap apa yang sudah dijelaskan oleh beliau bisa bermanfaat bagi kita semua,” jelasnya.

Pada webinar tersebut, Sahabat Qalam dan KAMMI UIN Ar-Raniry menghadirkan dua pemateri, yakni Zainal Abidin dari Asesor Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKD) Dosen Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) sekaligus Dosen Prodi Pendidikan Matematika Fak. Tarbiyah UIN Ar-Raniry sebagai pemateri penelitian kuantitatif dan Heldy Ramadhan Putra dari Ketua Prodi MPI UIN Surakarta sebagai pemateri penelitian kualitatif.

Zainal Abidin, dalam pemaparannya diawali dengan penjelasan mengenai pengertian metode penelitian kuantitatif dan kapan metode kuantitatif digunakan.

Ia menjelaskan ada beberapa faktor penentu mahasiswa untuk bisa menggunakan metode kuantitatif pada penelitian skripsi, diantaranya ialah, jika masalah yang merupakan titik tolak penelitian sudah jelas, jika peneliti ingin mendapatkan informasi yang luas dari suatu populasi, jika ingin diketahui pengaruh perlakuan/treatment tertentu terhadap yang lain, jika peneliti bermaksud menguji hipotesis penelitian, jika peneliti ingin mendapatkan data yang akurat, berdasarkan fenomena yang empiris dan dapat diukur dan jika ingin menguji terhadap adanya keraguan tentang validitas pengetahuan, teori dan produk tertentu.

Sementara itu, Heldy Ramadhan Putra juga menjelaskan, beberapa kendala yang sering ditemui oleh mahasiswa, misalnya tidak memiliki perencanaan yang baik, komunikasi dengan dosen yang tidak maksimal, tidak melakukan studi awal, kurang membaca referensi, kualitas penulisan.

Lebih lanjut, Heldy Ramadhan Putra menyampaikan, jika penelitian kualitatif harus bersifat perspektif epic, artinya memperoleh data bukan sebagaimana seharusnya, bukan berdasarkan apa yang dipikirkan oleh peneliti, tetapi berdasarkan sebagaimana adanya yang terjadi di lapangan, yang dialami, dirasakan dan dipikirkan oleh partisipan.

Selain itu, Pimpinan Umum KAMMI UIN Ar-Raniry, Ikhwan Jamil menyampaikan, dengan adanya webinar skripsi ini diharapkan dapat memotivasi dan membantu bagi para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya.

“KAMMI dan Sahabat Qalam, sadar bahwa organisasi dan bidang akademik merupakan dua hal yang penting dan selesai kuliah tepat waktu dengan menyelesaikan skripsi salah satunya, kami berharap melalui webinar skripsi ini dapat memotivasi dan membantu bagi para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya,” kata Ikhwan.

Kegiatan ini diikuti oleh 120 untuk webinar kuantitatif dan 125 peserta webinar kualitatif dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. []

Reporter : Azizah
Editor : Uswatul Farida