Tingkatkan Kualitas Mahasiswa, UIN Ar-Raniry Teken MoU dengan Perum LKBN Antara

Sumberpost.com | Jakarta – Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Saifullah Idris, melakukan pertemuan dengan Direktur Utama Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (LKBNA), Meidyatama Suryodiningrat, guna melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), di Gedung Wisma Antara Lantai 19, Selasa (25/1/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Meidyatama menyampaikan penghargaan besar atas kedatangan dan niat baik melakukan kerjasama dalam upaya membangun generasi masa depan.

Kantor Berita Antara berumur lebih tua dari Republik Indonesia, tentunya memiliki kontribusi dalam pembentukan negara Indonesia khususnya dalam penyebaran informasi. Aceh dalam sejarahnya juga memiliki kontribusi besar dalam perjuangan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bahkan Republik Indonesia tidak akan ada tanpa keterlibatan Aceh di dalamnya.

Lebih lanjut Meidyatama juga bersyukur atas perhatian dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh bahwa LKBN Antara tidak saja dipandang sebagai sebuah media yang terkait tentang pemerintah dan negara tapi juga sebuah institusi yang ikut dalam mendidik generasi masa depan dalam berbagai hal. Bidang tulis menulis atau jurnalistik merupakan suatu bidang yang sangat berarti bagi proses kognitif anak muda yang senang scroll dan like. Sehingga anak muda sekarang banyak menganggap bidang jurnalistik sebagai bidang yang klasik.

“Di sinilah kita harapkan kerjasama ini akan mendorong generasi muda untuk dapat memahami jati diri bangsa khususnya jati diri Aceh melalui jurnalistik,” jelas Meidyatama pada kesempatan tersebut saat didampingi oleh Koordinator Biro Antara, M. Tohamaksum, Manajer Humas dan Administrasi Perusahaan, Agus Prasetyo,Manajer Humas dan Kemitraan dan tim Humas LKBN Antara, Arie Novarina.

Saifullah Idris yang langsung didampingi oleh Ketua Prodi Komunikasi dan Penyiaran (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Azman. Dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan terimakasih atas penerimaan perwakilan dari UIN Ar-Raniry untuk melakukan kerjasama dengan Perum LKBN Antara.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama tersebut juga menyebutkan, salah satu fakultas yang bekerja dalam menjaga jati diri bangsa dan negara adalah Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry yang selama ini telah melakukan berbagai hal dalam bidang dan tupoksinya di bidang jurnalistik, sehingga banyak dari alumni-alumni yang berkiprah dihampir seluruh media yang ada di Aceh. Baik di LKBN Antara Biro Aceh, maupun di media mesntream lainnya.

Lebih Saifullah ikut menceritakan, selama ini kerjasama telah terjadi dengan kantor Berita Antara baik dalam pelatihan jurnalistik, pemagangan dan praktikum lapangan mahasiswa. Bahkan dalam berbagai pemberitaan kegiatan UIN Ar-Raniry Banda Aceh didukung oleh LKBN Antara Biro Aceh, seperti kegiatan OASE yang telah berlangsung beberapa bulan yang lalu.

Terakhir, Safullah menyampaikan, hasil dari penandatangan MoU tidak hanya terjadi diatas kertas namun akan ada realisasi dalam bentuk kegiatan bersama, oleh karena itu nantinya MoU ini akan dilanjutkan dengan penandatanganan memorandum of Agreement yang akan dilakukan oleh Dekan FDK UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan LKBN Antara Biro Aceh.

Akhir dari pertemuan tersebut, perwakilan dari UIN Ar-raniry Banda Aceh dibawa melakukan kunjungan ke ruang redaksi Antara, dalam kunjungan tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menyampaikan kekaguman akan ruang produksi berita Antara, beliau berharap akan banyak mahasiswa UIN Ar-raniry bisa melakukan praktikum atau magang di ruang redaksi Antara. [Rel]