Sanggar Seni Seulaweuet Adakan Si-AGaM XXIV

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sanggar Seni Seulaweuet kembali menggelar Silaturahmi Aneuk Galak Meuseni (Si-AGaM) ke-24. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, terhitung sejak hari ini 18-20 Maret 2022 mendatang.

Ketua Panitia, Muhammad Alfaiz mengatakan, kegiatan ini merupakan acara rutin sekaligus bagian dari proses perekrutan anggota baru Unit Kegiatan Khusus (UKK) Sanggar Seni Seulaweuet.

“Si-AGam merupakan sebuah acara rutin Sanggar Seni Seulawuet. Tujuannya untuk mencari regenerasi, untuk mencari penerus dari Sanggar Seni Seulaweuet,” katanya kepada Sumberpost.com, Jumat (18/3/2022).

Si-AGaM tahun ini mengambil tema “Beu Saboeh Banja Sapat Bak Taduek, Si-AGaM Ka Jeut Keu Saboeh Tanda, Adat Ta Jaga Dalam Seulaweuet, Budaya Beujeut Pemaju Bangsa”.

Maksudnya, Si-AGaM hadir dengan generasi baru pecinta seni yang siap melanjutkan dan menjaga adat serta budaya di Aceh. Juga diharapkan mampu memajukan bangsa dengan memperkenalkan budaya Aceh ke luar.

Faiz menambahkan, total anggota atau Adoe baru Sanggar Seni Seulaweuet yang mendaftar tahun ini sebanyak 100 orang.

Selain itu, Ketua Umum Sanggar Seni Seulaweuet, Muhammad Ichsan Reza berharap seluruh peserta setia dan mampu berkomitmen terhadap Sanggar Seni Seulaweuet, serta dapat memanfaatkan hal-hal positif yang di peroleh setelah bergabung nanti.

“Harapan dari kami, semoga yang behadir di acara hari ini, sampai kapanpun kalian tetap dalam jumlah yang sama,” ungkapnya.

Adapun, Wakil Dekan III Saifuddin Sa’dan, mewakili Rektor III, secara resmi membuka acara Si-AGaM di Auditorium Ali Hasjmy kampus setempat.

Dalam sambutannya, Saifuddin mengatakan, kegiatan yang dilakukan di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry ini tidak hanya sebagai aktualisasi diri. Tetapi lebih dari itu, Sanggar Seni Seulaweuet harus mampu memperkenalkan UIN Ar-Raniry kepada dunia, diakui atau tidak, diberi penghargaan atau tidak, mereka harus mampu berbuat dan menampilkan hal yang bermanfaat melalui seni.

“Silaturahmi ini bukan hanya untuk diri sendiri, tapi dengan silaturahmi, bagaimana kita memungkinkan seni ini bisa bermanfaat bagi semua,” jelasnya.

Hari ini, setelah acara pembukaan, para Aduen (Abang) dan Cut Kak (kakak) menampilkan aksi panggungnya sekaligus memperkenalkan bidang-bidang yang ada pada Sanggar Seni Seulaweuet kepada para Adoe (adik).

Selain itu, Zawatul Maghfirah, salah seorang peserta mengaku banyak mendapatkan motivasi dari Cut Kak dan Aduen Sanggar Seni Seulaweuet, ia percaya mereka dapat melatih anggota baru menjadi orang-orang yang berprestasi seperti para seniornya itu.

“Disini saya banyak mendapatkan motivasi dari Cut kak dan Aduen, dimana mereka bisa melatih kami untuk berprestasi seperti halnya mereka,” pungkasnya. []

Reporter: Widdatul Hasanah