HMP PBL Adakan Buka Bersama Keluarga Besar dan Alumni

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (HMP PBL) mengadakan buka bersama keluarga besar dan alumni pendidikan biologi dengan tema “Meraih Keberkahan dalam Kebersamaan” di Lt.2 Aula Tarbiyah B UIN Ar-Raniry, Kamis (7/4/2022).

Ketua panitia, Muhammad Alief mengatakan, tujuan acara tersebut untuk menjalin silaturahmi antara asisten laboratorium, praktikan dan para dosen.

“Tujuan dari acara ini untuk menjalin silaturahmi dengan asisten laboratorium, pratikan, dan para dosen,” katanya.

Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Samsul Kamal mengatakan, buka puasa bersama merupakan salah satu cara melatih sosial skill mahasiswa, terutama rasa peduli terhadap sesama agar membiasakan mahasiswa untuk bersedekah dan peduli terhadap sesama. Kegiatan ini pula merupakan kegiatan rutin HMP dan Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry

“Momen buka puasa bersama ini merupakan salah satu cara melatih sosial skill dari mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, dengan adanya kegiatan seperti ini tentu akan terbentuk sosial skill dari mahasiswa, terutama rasa peduli terhadap sesama. Kita biasakan mahasiswa untuk bersedekah dan peduli terhadap sesama, terutama di bulan yang penuh berkah ini. Kegiatan buka puasa bersama ini merupakan kegiatan rutin HMP dan Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry,” ujarnya.

Dosen Prodi PBL sekaligus penceramah dalam acara ini, Muslich Hidayat dalam penyampaiannya menjelaskan, puasa menjadi salah satu bentuk pendekatan diri kepada ketakwaan, maka orang yang bertakwa itu berarti telah bersedekah.

“Puasa itu bentuk mendekatkan diri kepada ketakwaan, bisa dikatakan bahwa orang yang bertakwa, dia telah bersedekah,” jelasnya.

“Selain itu, saling menjaga juga karena biasanya, dalam kebersamaan terdapat amarah, maka takwa bisa menahan amarah,” lanjutnya.

Acara buka bersama dihadiri oleh para dosen, alumni, serta mahasiswa PBL. [Rel]