FDK UIN Ar-Raniry Laksanakan Safari Ramadan ke Bener Meriah

Sumberpost.com | Banda Aceh- Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan safari ramadan ke Bener Meriah dengan tema “Penguatan Keislaman Untuk Keluarga dan Generasi Muda”.

Acara yang berlangsung mulai 11-13 April 2022 tersebut dipimipin oleh tim safari ramadan FDK dengan melakukan ceramah di lima mesjid dan pesantren kilat di SMA Negeri Unggul Binaan Pante Raya Bener Meriah.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan sebagai salah satu bentuk realisasi Memorandum of Agreement (MoA) FDK dengan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah.

Dekan FDK, Dr. Fakhri menyampaikan, kegiatan tersebut adalah untuk menguatkan keislaman terhadap keluarga dan generasi muda.

“Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan penguatan keislaman untuk keluarga dan generasi muda,” terangnya dalam pelepasan tim safari ramadan, Senin (11/4/2022).

Fakhri menambahkan, tujuan utama safari ramadan dalam rangka memperkuat hubungan persaudaraan dan berbagai ilmu pengetahuan serta sosialisasi terhadap siswa-siswi mengenai program studi yang ada di FDK.

“Tujuan utama safari ramadan adalah untuk menjalin dan memperkuat silahturrahmi, berinteraksi langsung dengan masyarakat Kabupaten Bener Meriah, juga melakukan berbagai sosialisasi, apa saja program-program yang ada di FDK dan apa saja program studi yang ada di FDK kepada siswa-siswi di Bener Meriah tempat akan dilakukan pesantren kilat,” jelasnya.

Ketua rombongan Abizal M. Yati menyebutkan, tim safari ramadan akan memberikan ilmu pengetahuan untuk memperkuat pengetahuan umum, keislaman dan sosial.

“Tim safari akan memperkuat pengetahuan keislaman yang meliputi tanggung jawab orang tua terhadap generasi muda, penanaman nilai taqwa dalam keluarga, Al-Qur’an dan dasar dasar pendidikan dalam keluarga, merawat modal dasar keimanan, ramadan dan kesalehan sosial, komunikasi digital sehat bagi remaja,” katanya.

Abizal menambahkan, pengadian safari ramadan tersebut merupakan kolaborasi program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan Konseling Islam (BKI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Manajemen Dakwah (MD) dan Kesejahteraan Sosial (KeSos).

Kegiatan safari ramadan ini akan di isi oleh lima penceramah yaitu Dr. Abizal M. Yati, MA, Drs. Mukhlis Aziz, MA, Dr. Juhari M.Si, Dr. T. Lembong Misbah MA, Dr. Sabirin, M.Si, dan Azman M.I.Kom. [rel]