Puswil Aceh Resmi dibuka Awal Bulan Maret, Begini Tanggapan Pengunjung

Sumberpost.com | Banda Aceh – Perpustakaan atau nama lainnya rumah buku, merupakan kumpulan buku dan majalah yang dapat dipahami juga sebagai koleksi pribadi individu. Perpustakaan lebih dikenal sebagai koleksi besar berisi informasi yang didanai dan dikelola oleh kota atau lembaga, serta digunakan untuk mencari bahan referensi dalam sebuah karya.

Untuk meningkatkan literasi membaca di setiap daerah, biasanya pemerintah daerah tersebut menyiapkan ruang membaca kepada masyarakat. Dengan dibangunnya perpustakaan wilayah tempat dimana semua lapisan masyarakat dari segala umur, balita sampai usia lanjut bisa terus belajar tanpa dibatasi usia dan ruang-ruang kelas.

Perpustakaan wilayah (puswil) yaitu perpustakaan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan berkedudukan di setiap ibu kota Provinsi, bertugas mengumpulkan serta melestarikan semua penerbitan daerah yang bersangkutan.

Kota Banda Aceh sendiri memiliki puswil yang terletak di Jl. Teuku Nyak Arief No.23, Lamgugob, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, propinsi Aceh.

Bangunan ini akhirnya resmi dibuka kembali untuk umum pada Selasa 14 Maret 2022 yang sebelumnya dipindahkan ke ruko tiga pintu bekas Pante Pirak lama, di daerah Jelingke Banda Aceh, 14 Juli 2014 lalu.

Dilansir dari arpus.acehprov.go.id, Puswil Aceh menyediakan buku berbentuk fisik dan digital. Sedikitnya terdapat 63.070 judul buku dengan jumlah keseluruhan 286.485 eksemplar buku di sana. Selain itu juga terdapat 12.618 ribu buku digital.

Tak hanya koleksi buku yang beragam, perpustakaan ini didukung juga dengan AC dan WiFi, tentu ini sebagai fasilitas pendukung. Terdapat 4 lantai dengan desain yang menarik serta spot instagramable yang memanjakan instastory sobat yang ingin berswa foto.

Peminjaman buku dikenakan batas waktu sekitar 14 hari dengan persyaratan memiliki kartu anggota yang bentuknya seperti KTP. Pembuatan pun dapat dilakukan di lantai satu bagian dekat mushalla.

Proses pembuatan terbilang mudah, dengan cara scan kode QR, lanjut diarahkan ke laman pengajuan, prosesnya tidak memakan waktu, beberapa menit sesuai antrian yang ada kartu pun siap dipakai.

Raja Baca Aceh 2021, Aflidar Firya berharap, agar perpustakaan wilayah terus menjadi garda terdepan dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Sebagai contoh, setiap weekend tiba akan ada pustaka keliling di tiga titik lokasi yang berbeda, diantaranya lapangan Blang Padang, lapangan Gelangganng USK, dan Stadion Harapan Bangsa. Ini menjadi langkah baik untuk meningkatkan literasi di masyarakat.

“Semoga perpustakaan wilayah terus menjadi garda terdepan dalam meningkatkan minat baca masyarakat, karena disamping tugas mereka sebagai pelayan informasi, mereka juga harus turun ke masyarakat untuk terus berpartisipasi meningkatkan literasi sejak usia dini,” ujarnya.

“Saat ini, setiap weekend akan menghadirkan layanan mobil pustaka keliling di tiga titik lokasi yang berbeda, di lapangan Blang Padang, lapangan Gelangganng USK, dan Stadion Harapan Bangsa. Dari pukul 08.00-10.00 WIB.
Itu adalah bagian dari peningkatan literasi dan minat baca anak, semoga makin konsisten dalam membuat program serupa agar bisa menjadi harapan bangsa kedepannya,” tuturnya kepada Sumberpost via WhatsApp (WA) pada Jum’at (27/5/2022).

Salah satu pengunjung, Dwi Anggraini, mengatakan sangat menunggu bangunan ini siap beroperasi, terlebih banyak ditemukan area estetik, seperti rest area untuk bersantai.

“Setelah menunggu lama, akhirnya penantian pun terbayarkan, apalagi terdapat banyak spot estetik misalnya di lantai atas yang digunakan untuk bersantai,” katanya saat diwawancarai, pada Sabtu, (28/5/2022).

Pengunjung lainnya, Fina Natasya yang juga mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengatakan, suasana di sana sangat ramah tetapi sangat disayangkan air toilet belum lancar.

“Suasananya ramah, banyak spot foto yang menarik, tapi sayang banget untuk air di toilet masih terdapat kendala,” ujarnya.

Sama halnya dengan Fina, Ulfa Rusydah, seorang pengunjung mengatakan hal serupa. Menurutnya, akan lebih baik jika terdapat lift, mengingat bangunan dengan empat lantai, agar tidak terlalu menguras tenaga.

“Sebaiknya bangunan ini memiliki lift karena terdiri dari empat lantai, hal ini cukup menguras tenaga,” katanya.

Puswil tersebut buka pada hari SeninĀ s/d Jumat, pukul 09.00-16.30, sedangkan Sabtu dan Minggu buka pukul 09.00-16.00 , dan khusus weekend tidak dapat melakukan peminjaman buku. []

Reporter : Muhammad Zikri Kamal (Mag)
Editor : Hasni Hanum