PMI UIN Ar-Raniry Laksanakan Semifinal Lomba Karya Ilmiah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry melaksanakan Semifinal Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa tahun 2022 secara online/daring, Senin (6/6/2022).

Perlombaan yang digelar dengan tema “Membangun Umat Berbasis Kebutuhan : Mendorong Kemandirian-Menuju Kesejahteraan”, diikuti oleh seluruh mahasiswa PMI se-Indonesia.

Dari total 21 tim yang mendaftar, tersisa 12 tim yang lulus untuk mengikuti semifinal. Penilaian yang dilakukan meliputi beberapa aspek yaitu, naskah karya ilmiah, penilaian presentasi karyanya, dan tanya jawab yang akan ditanya langsung oleh dewan juri.

Ketua Prodi PMI sekaligus ketua pantia pelaksanaan lomba, Rasyidah, menyatakan bahwa belum ada event kusus yang mempertandingkan ke PMI-an di Indonesia sehingga masih ada ruang-ruang terbatas untuk mahasiswa PMI.

“Mendapatkan prestasi secara nasional menjadi latar belakang bagi Prodi PMI UIN Ar-Raniry Banda Aceh untuk mencoba menginisiasi melakukannya dalam konteks memberi ruang yang terbuka bagi mahasiswa untuk belajar bersama dari daerah berbeda, dari teman-teman PMI lainnya seluruh Indonesia supaya proses belajar lebih menarik, terlebih belum ada event khusus yang mempertandingkan ke PMI-an di Indonesian,” jelasnya.

Rasyidah menambahkan, dengan adanya kompetensi tersebut dapat menjadi sebuah kebanggaan untuk mahasiswa PMI khususnya PMI UIN Ar-Raniry

“Kompetensi ke PMI-an itu menjadi kompetensi yang kemudian menjadi kebanggaan bagi Mahasiswa PMI seluruh Indonesia, kususnya bagi anak-anak kami PMI UIN Ar-Raniry Banda Aceh.”

Sementara itu, Wakil Dekan II Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Zainuddin, mewakili untuk membuka acara mengatakan, bahwa event dalam meningkatkan semangat di kalangan Prodi PMI masih sangat kurang dan hal ini berakibat pada penentuan akreditasi program studi itu sendiri.

“Event seperti ini perlu untuk dihadirkan demi kemajuan program studi, karena jika kita lihat dari berbagai dokumen untuk akreditasi program studi, semua itu berdasarkan hasil-hasil dari perlombaan yang dimiliki oleh kalangan mahasiswa, dan itu sangat sulit untuk dilampirkan dalam jumlah yang signifika,” katanya.

Kegiatan ini terselenggara dengan Kerjasama Prodi PMI UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan Perkumpulan Pengembangan Masyarakat Islam (P2MI) dan beberapa Lembaga lainnya yang menjadi mitra untuk meningkatkan kompentensi Mahasiswa PMI seluruh Indonesia khususnya PMI UIN Ar-Raniry. [Rel]