UIN Ar-Raniry Bekali Maba dengan Orientasi Perpustakaan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melalui UPT Perpustakaan menggelar kegiatan orientasi perpustakaan untuk mahasiswa baru (maba). Kegiatan tersebut berlangsung mulai tanggal 18-20 Agustus 2022 di Gedung Perpustakaan kampus setempat, Sabtu (20/8/2022).

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Mujiburrahman, melalui Kepala UPT Perpustakaan, Suherman mengatakan, kegiatan Orientasi Perpustakaan (Library Orientation) merupakan pengenalan awal tentang perpustakaan secara umum kepada mahasiswa baru pada khususnya agar dapat lebih memahami peran perpustakaan yang lebih luas.

Suherman juga menuturkan, perpustakaan bukan sekedar tempat untuk meminjam dan membaca buku. Namun keberadaan perpustakaan memiliki fungsi yang sangat penting dalam mendukung Tri Darma perguruan tinggi terutama sebagai sarana belajar mandiri, khususnya mahasiswa dalam penelusuran informasi serta memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

“Tujuan utama pelaksanaan orientasi perpustakaan adalah sebagai sarana pengenalan dan promosi perpustakaan dalam mengoptimalkan pemanfaatan layanan perpustakaan,” tuturnya.

Sementara itu, ketua pelaksana Arfiandi menjelaskan, kegiatan orientasi perpustakaan merupakan kegiatan rutin setiap tahun bagi mahasiswa baru UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Kegiatan orientasi tersebut fokus kepada gambaran umum tentang pengenalan perpustakaan yang meliputi layanan, fasilitas dan jenis-jenis koleksi yang terdapat di perpustakaan serta teknik penelusuran informasi, dan juga penerapan layanan mandiri di perpustakaan,” kata Arfiandi.

Lebih lanjut, Arfiandi menjelaskan kegiatan yang diikuti oleh 3.800 mahasiswa baru Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023  ini dibagi ke dalam 6 kelompok per sesi dan enam sesi per hari yang dipandu oleh seorang pustakawan dan seorang pendamping dari mahasiswa prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh. [Rel]