Dekan FTK UIN Ar-Raniry Adakan Evaluasi Bersama Editor InChief

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Safrul Muluk, adakan evaluasi bersama editor InChief, di ruang rapat Dekan FTK UIN Ar-Raniry, Senin (12/9/2022).

Koordinasi dan evaluasi jurnal bertujuan untuk memperoleh informasi tentang keadaan lingkungan FTK UIN Ar-Raniry beserta kendala yang dihadapi oleh setiap jurnal sebagai upaya menindaklanjuti peningkatan jumlah guru besar dan peningkatan pangkat dosen.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh semua editor InChief jurnal di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry, Dekan FTK, Safrul Muluk, mengatakan bahwa jurnal sangat penting bagi sebuah perguruan tinggi, dimana bisa menjadi jendela ke dunia luar, karena kualitas dari universitas ditentukan oleh jurnal yang dikelola oleh perguruan tinggi itu sendiri tentunya dengan jurnal yang berkualitas pula.

“Jurnal merupakan jendela kampus ke dunia luar. Kualitas dari sebuah perguruan tinggi salah satunya juga ditentukan oleh kualitas jurnal yang dikelola oleh perguruan tinggi tersebut,” katanya.

Selanjutnya, Safrul menambahkan dalam dua tahun ini, fakultas siap mensupport segala kebutuhan untuk meningkatkan kualitas jurnal di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry dan menargetkan agar semua jurnal terakreditasi Sinta 2 bahkan terindeks Scopus,

“Dalam 2 tahun ini kita menargetkan jurnal-jurnal di FTK terakreditasi Sinta 2 bahkan terindeks Scopus dan fakultas siap mendukung semua kebutuhan untuk peningkatan kualitas jurnal di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry,” jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, Safrul juga menyampaikan akan memperjuangkan peningkatan anggaran pengelolaan jurnal sehingga  mutu jurnal dan kualitas artikel bisa lebih baik, untuk menyahuti program Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. Mujiburrahman, M. Ag., yang menargetkan minimal  jurnal di lingkungan UIN Ar-Raniry terakreditasi Sinta 2.

Safrul sangat mengapresiasi pendapat dan masukan dari semua editor InChief jurnal di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry dan akan selalu mensupport program-program untuk peningkatan kualitas dan peringkat akreditasi jurnal.

Untuk itu, pimpinan FTK UIN Ar-Raniry memberi perhatian penuh untuk meningkatkan akreditasi jurnal. Saat ini, FTK UIN Ar-Raniry memiliki 14 Jurnal dan sudah terakreditasi Sinta. Satu jurnal terakreditasi Sinta 2 (Jurnal Englisia), tiga jurnal terakreditasi Sinta 3 (Jurnal Biotik, Jurnal Didaktika dan Jurnal Mudarisuna), enam jurnal terakreditasi Sinta 4 (Jurnal Lantanida, Jurnal Cyberspace, Jurnal Circuit, Jurnal Pionir, Jurnal Edukasi, Jurnal Al Khawarizmi), satu jurnal terakreditasi Sinta 5 (Jurnal Phi) dan 3 jurnal sedang dalam proses pengajuan akreditasi (Jurnal Lisanuna, Jurnal Bunayya dan Jurnal Intelektualita).

Editor InChief Jurnal Englisia, Habiburrahim mengatakan, perlunya kerja keras oleh semua pihak termasuk pemahaman OJS tim pengelola jurnal, untuk meningkatkan meningkatkan kualitas jurnal.

“Untuk meningkatkan kualitas jurnal perlu dilakukan kerja keras oleh semua pihak, termasuk memberikan pemahaman OJS untuk tim pengelola jurnal,” ujarnya.

Habiburrahim juga menambahkan, jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBA) akan kembali mengajukan akreditasi ke Scopus pada tahun 2024, dan dengan penataan sistem kelola yang lebih baik, diharapkan Englisia bisa terindeks Scopus, mengikuti jejak Samarah, dan Islam Futura yang telah lebih dulu berhasil terindeks Scopus.

Editor InChief Jurnal Lisanuna, Buhori Muslim menyatakan perlu adanya koordinasi yang baik antar pengelola jurnal untuk maju bersama dalam meningkatkan mutu jurnal, termasuk pihak fakultas sebaiknya memfasilitasi tempat bekerja untuk pengelola jurnal di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry. Jurnal Lisanuna, Prodi PBA saat ini sedang dalam proses mendapatkan akreditasi dengan target mencapai Sinta 2.

“Koordinasi yang baik antar pengelola jurnal perlu dilakukan untuk maju bersama dalam meningkatkan mutu jurnal dan adanya fasilitas dari fakultas. Kami juga beroptimis agar target Sinta 2 tercapai,” katanya.

Disamping itu juga, Editor InChief Jurnal Biotik, Samsul Kamal mengatakan, sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh Dekan dalam meningkatkan kualitas jurnal di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry. Untuk saat ini, Jurnal Biotik dari Prodi Pendidikan Biologi (PBL) juga senang proses reakreditasi dengan target jurnal Sinta 2.

“Sangat mendukung dengan upaya yang dilakukan oleh Dekan dalam meningkatkan kualitas jurnal di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry. Saat ini Jurnal Biotik PBL juga sedang dalam proses reakreditasi, InsyaAllah target kami Sinta 2 sebelum nantinya kita ajukan ke Scopus,” ucapnya. [Rel]