Kusumawati Hatta: Pengen Jadi Pemimpin? Yuk Mulai Latih Diri Dengan Organisasi

Sumberpost.com | Banda Aceh –Mengikuti organisasi sangat penting bagi seorang mahasiswa, karena dengan adanya organisasi kita mempunyai link serta menambah wawasan dan intelektual, juga dengan adanya organisasi otomatis kita mendapatkan ilmu kepemimpinan.

Hal itu dijelaskan oleh Dekan Fakultas dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-raniry Banda Aceh Kusumawati Hatta pada kegiatan pelantikan serentak Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) selingkungan FDK, Selasa (13/9/2022) di Auditorium Prof. Ali Hasyimi UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Menurut Kusumawati, organisasi adalah salah-satu sarana pengembangan wawasan dan intelektual.

“Organisasi adalah sesuatu alat untuk mempercepat pengembangan wawasan, pengembangan intelektual dan pengembangan diri sehingga menjadi pemimpin itu tidak mudah bukan seperti membalikkan telapak tangan dan juga memerlukan proses.Jadi, proses utama dan pertama mahasiswa adalah melalui organisasi-organisasi kemahasiswaan (ormawa),” jelasnya.

Kemudian Ia juga menambahkan, organisasi bukanlah suatu penghalang dalam menyelesaikan perkuliahan, justru sebaliknya.

“Namun demikian jangan jadikan organisasi ini sebagai penyebab keterlambatan penyelesaian perkuliahan tapi harus menjadi wadah yang mempercepat mahasiswa selesai. Karena dengan adanya organisasi semua dosen dan sivitas kampus akan mengenal kita, tidak hanya itu, dengan organisasi jugalah kita akan mempunyai power untuk menghubungkan pendapat yang baik,” terangnya.

Selanjutnya, ia juga memberikan tips agar organisasi dan perkuliahan dapat berjalan sukses dan berjalan bersamaan.

“Lakukanlah kegiatan organisasi pada tanggal merah atau hari dimana tidak mengganggu dengan waktu perkuliahan, sehingga kuliah juga tetap dilaksanakan,” pungkasnya. []

Reporter: Cut Wulandari Sukma

Editor: Saadatul Abadiah