Akibat Buang Puntung Rokok Sembarangan, Pohon Besar Lapangan Tugu Terbakar

Sumberpost.com | Banda Aceh – Diduga  pohon besar di Lapangan Tugu Darussalam terbakar. Hal ini disebabkan karena ulah warga dan mahasiswa yang membuang  puntung rokok di dekat pohon. Bahkan kobaran api dari pohon yang terbakar sempat mengancam motor warga dan mahasiswa yang sedang parkir di area tersebut, Selasa(20/9/2022).

Zuraida salah alah satu mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry yang berada di lokasi tersebut menuturkan, awalnya api disekitar pohon masih kecil dan belum menyebar.

“Awalnya apinya kecil dan menyala di sekitaran akar pohon saja, namun lama kelamaan merakit ke atas pohon. Dan ternyata api telah membesar di dalam pohon tersebut,” tutur Zuraida.

Dan disaat bersamaan Zulkainan, merupakan juru parkir yang juga berada di lokasi mengatakan, penyebabnya bisa saja karena puntung rokok yang dibuang sembarangan.

“Itulah, gara-gara dibuang puntung rokok ku rasa disitu, makanya nyala api. Karena pohon kayu kan berminyak,” katanya.

Setelah beberapa saat Armada Badan Kebakaran dari Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) langsung dikerahkan untuk memadamkan api yang menjalar di area Lapangan Tugu Darussalam.

Zulkainan juga menambahkan, beruntungnya warga langsung melaporkan kejadiannya sebelum api jauh lebih besar.

“Beruntung warga cepat melapor, sehingga api berhasil di padamkan dan tidak merambat ke motor yang sedang parkir di lapangan tersebut,” ujar Zulkainan.[]

Reporter: Sulastriyani Br Manik
Editor: Nurul Hidayah