Jalur Rempah Aceh Berpotensi Jadi Warisan Budaya

Sumberpost.com | Banda Aceh – Jalur rempah ialah jalur atau titik yg dilalui pada masa lampau bagi perdagangan dunia. Dalam konteks antropologi menjadi contoh pertukaran budaya yang besar-besaran. Kedepannya, sangat ingin jalur rempah di indonesia diakui secara internasional sebagai warisan budaya dunia, karena tidak hanya rempah yang menjadi poin penting, namun ada migrasi dan bahkan peradaban yang terbentuk dari jalur ini, dan juga dari segi budaya yang berkembang.

Dalam acara talkshow dengan tema “Jalur Rempah: Bandar Aceh Darussalam Kenangan dan Peluang Masa Depan”, ketua Asosiasi Antropologi Indonesia (AAI) Pengda Aceh, Bustami Abubakar mengatakan, jalur rempah berperan penting dalam pembentukan budaya Aceh, dikarenakan pertukaran kebudayaan dengan negara luar, seperti Eropa, India, Timur Tengah dan Cina.

“Jalur rempah punya peran penting bagi kita dan menjadi pembentuk kebudayaan kita sekarang akibat dari pertukaran kebudayaan orang luar luar yang datang ke Aceh baik dari Eropa, India, Timur Tengah bahkan Cina,” jelasnya, Selasa (20/9/2022).

Topik ini menjadi sangat menarik untuk didiskusikan terlebih lagi jika berbicara tentang peluang rempah untuk masa depan, dalam artian kita tidak hanya punya sejarah rempah yang begitu memukau dan hingga seluruh dunia. Indonesia sendiri punya 20 titik perdagangan rempah, dan istimewanya Aceh menjadi pemilik dua titik tersebut diantaranya Bandar Aceh Darussalam dan Aceh Utara.

Jalur Rempah yang ada di Indonesia menjadi potensi besar dan sangat identik dengan kekuatan perdagangan. Dengan adanya jalur rempah, tidak hanya kesejateraan yg didapat, namun juga pembelajaran sejarah yg begitu berakar dan punya peran penting bagi relevansi masyarakat.

Kemudian, jalur rempah ini menjadi peluang besar bagi anak muda sekarang untuk membangun usaha di bidang rempah. Karena kualitas rempah yang Aceh punya lebih bagus dari pada lainnya.

Seperti yang dikatakan oleh M. Sulaiman, owner produk rempah Aslam Aceh, bagi mahasiswa, ini adalah kesempatan yang baik untuk membuka usaha rempah dengan keuntungan yang bernilai tinggi.

“Ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa membuka usaha rempah yang sangat menguntungkan dan bernilai tinggi,” pungkasnya. []

Reporter: Rahmatillah Basri
Editor: Hasni Hanum