Yayasan HAkA Gelar Leuser Festival 2022

Sumberpost.com | Banda Aceh – Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA) menggelar  Festival tahun 2022 yang bertajuk “Leuser Festival” tanggal 25-27 September 2022 di lingkungan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dan area Kota Banda Aceh.

Leuser Festival 2022 ini dikemas dalam berbagai ruang temu bersama yang berbasis pengetahuan dan pengalaman masyarakat di kawasan ekosistem Leuser melalui ruang diskusi dan open sharing. Adapun kegiatan ini diantaranya ruang pamer Leuser, panggung budaya konservasi, perempuan bicara, edukasi komunitas dan lainnya.

Tim Leader Leuser, Rubama mengatakan, Leuser Festival akan menjadi wadah untuk melihat kekayaan bumi di Indonesia, terutama Leuser sendiri yang memiliki banyak manfaat bagi ekonomi berkelanjutan sebagai upaya mendukung para pelaku usaha dan memfasilitasi dalam menyebarkan produk berkualitas mereka kepada para konsumen.

“Festival Leuser menjadi wadah akan kekayaan bumi di Indonesia terkhususnya Leuser yang terkandung banyak sekali manfaat bagi ekonomi berkelanjutan, hal ini menjadi support untuk para pelaku usaha,” ujar Rubama kepada Sumberpost.com, Minggu (25/9/2022)

Rubama mengatakan, target audiens pada pelaksanaan Leuser Festival 2022 adalah dari semua usia, stakeholder, penyusunan program, para jurnalis, pejuang ditingkat tapak, para pengambil kebijakan di Aceh, Chief Strategy Officer (CSO) dan publik secara luas, guna menjaga kekayaan alam yang ada.

“Target dari acara dari kalangan anak-anak, remaja, orang tua, stakeholder, penyusun program, dan para jurnalis dan lainnya, dimana kita punya kekayaan alam yang besar hal ini patut dijaga bersama demi kegunaan kehidupan sehari-hari,” katanya.

Ia juga menambahkan, menjaga lingkungan bukan hanya tugas lembaga konservasi, tetapi kita semua yang hidup di bumi Indonesia, karena masing-masing mempunyai tanggungjawab.

Pada hari pembukaan ruang pamer expo yang berlokasi di halaman gedung museum UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dimeriahkan dengan penampilan video Leuser, teater, live music, puisi leuser, dan penampilan oleh sanggar seni seulaweut.

Sedangkan pada serangkaian puncak penutupan Leuser Festival 2022 mendatang, akan ada pengumuman pemenang aneka lomba kemeriahan lainnya yang akan mewarnai serangkaian penutupan Leuser Festival 2022. []

Reporter: Muhammad Zikri Kamal
Editor: Hasni Hanum