Pantai Rinting Menjadi Destinasi Wisata yang Cocok Untuk Rekreasi Sekolah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang banyak diminati berbagai kalangan. Pantai mampu menghipnotis pengunjung dengan keindahan yang alami.

Di tanah Serambi Mekkah ini, pesona pantai tidak kalah saingnya dengan pantai-pantai diluar sana. Salah satunya yaitu pantai Rinting.

Pantai Rinting terletak di kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. Pantai yang masih sangat asri nan indah ini menjadi pantai langganan semua golongan terutama siswa maupun mahasiswa.

Staff keamanan pantai Rinting, Arifin, berkata bahwa pantai Rinting ini aman sehingga tidak sepi dari kunjungan sekolah.

“Setiap minggu ada kunjungan sekolah, kadang satu, dua, ada yang empat dan nggak pernah kosong, mungkin karena pantainya aman,” ujarnya kepada Sumberpost.com, Minggu (25/9/2022).

Pantai Rinting, dengan panorama yang masih sangat natural ini menjadi salah satu objek wisata yang banyak diminati siswa maupun mahasiswa. Ketertarikan tersebut dikarenakan beberapa kelebihan yang dimiliki pantai yang langsung berhadapan dengan samudera Hindia Ini.

Keindahan yang Memukau

Pantai yang diapit dua bukit ini memiliki pasir lembut yang bersih. Dilengkapi air laut yang tampak jernih dan berwarna biru kehijauan, bukanlah sebuah fatamorgana.

Sejauh mata memandang, wisatawan dapat melihat deretan pegunungan yang hijau dan pohon rimbunnya pohon pinus.

Ayunan yang tersedia di pinggir pantai juga menjadi gaya tarik tersendiri bagi pengunjung, terutama dari kalangan remaja.

Perpaduan angin laut dan angin bukit membuat angin sepoi-sepoi yang sejuk. Deburan ombak-ombak kecil pun berirama indah nan nyanyian alam yang seberbak merdu.

Lokasinya Teduh Nan Asri

Pada siang hari, suasana pantai tidak terlalu terik. Suasana pantai tetap sejuk dan tenang di bawah rindangnya pepohonan yang subur, ditambah lagi segarnya rumput pendek di bawah pohon yang berdekatan dengan bukit.

Pepohonan yang terbentang bukan hanya di dekat pantai, namun di sekeliling pantai.

Arya Alfarizi, salah satu santri dari Dayah Terpadu Inshafuddin mengatakan bahwa pohon lebatlah yang dapat menghalangi teriknya matahari.

“Serta pohon-pohon yang lebat juga tidak membuat santri terpapar panas,” sulamnya.

Tempat yang Luas

Tempat yang luas juga sangat cocok digunakan untuk rekreasi kesiswaan, sehingga menjadi kategori utama kesiswaan dalam membuat acara tertentu. Tentunya ini sangat dibutuhkan untuk pengunjung yang banyak dalam satu acara.

Nurmaida, salah satu mahasiswa Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh ini mengungkapkan bahwa suasana pantai yang luas membuat mahasiswa leluasa dalam beraktivitas.

“Suasananya enak, buat kami happy, luas tempatnya jadi kami bisa bergerak bebas,” ungkapnya.

Tiket Masuknya Bersahabat

Biaya masuk tergolong murah yaitu Rp.5.000 untuk satu kendaraan bermotor. Sedangkan harga sewa tempat guna melaksanakan acara juga bisa dinegosiasi. Pastinya, harga tidak mengecewakan saat kita merasakan banyaknya kenikmatan di pantai Rinting.

Selain itu, Sulthan Maulana, salah satu mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengungkapkan bahwa harganya sangat terjangkau terlebih sebagai seorang mahasiswa, dengan fasilitas sedemikian rupa menjadi sebuah keunggulan pantai Rinting.

“Harganya lebih murah dari pantai lainnya. Seperti harga sewa dengan fasilitas jangkauan yang luas itu menjadi keunggulan apalagi untuk kita mahasiswa yang pendanaan pas-pasan,”

Diapit Oleh Dua Bukit

Pantai yang diapit dua bukit yang indah ini membawa kemanfaatan tersendiri bagi pengunjung. Hal ini menjadi salah satu alasan pantai Rinting menjadi salah satu pantai favorit untuk melaksanakan acara yang dihadiri banyak orang, seperti acara kesiswaan. Mengingat banyaknya kabar korban yang terbawa arus laut tidaklah sedikit, dengan diapit oleh dua bukit ini tentu mendatangkan kemanfaatan.

Jauh dari Kebisingan

Untuk melakukan kegiatan yang beranggota ramai seperti kegiatan kesiswaan misalnya, sudah semestinya diharapkan adanya tempat yang cocok dan aman dari kehingar-birangan dari individu lainnya.

Sultan Maulana kembali menambah bahwa pantai Rinting jauh dari gangguan eksternal untuk melakukan sebuah acara.

“Kemudian kalau perbedaan dengan yang lainnya mungkin lokasi tempat lebih memadai untuk mengadakan acara agar ketika sedang melakukan kegiatan tidak ada gangguan eksternal seperti kunjungan hari libur keluarga yang biasa kebanyakan ke pantai,” imbuhnya. []

Reporter: Julia Makhrami
Editor: Hasni Hanum