Pelatihan Mediasi Bagi Pengurus Ormawa Oleh Mahkamah Syariah Banda Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pelatihan mediasi bagi pengurus organisasi mahasiswa (Ormawa) yang diisi oleh Mahkamah Syariah Banda Aceh, dengan tema “Membangun Kebersamaan Melalui Kearifan Lokal Menuju Akreditasi Unggul” di tiga titik lokasi yaitu ruang Pengadilan Semu Fakultas Syari’ah Hukum, Pasca Sarjana dan LPM.

Acara ini diadakan oleh Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yaitu sejak 23-25 November 2022.

Ketua Panitia, Analiansyah menjelaskan tujuan di adakannya pelatihan ini untuk melatih mahasiswa agar bisa menjadi calon-calon mediator yang bisa menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di kalangan kampus dan khususnya untuk Banda Aceh.

“Pelatihan ini dilaksanakan bertujuan untuk wadah mahasiswa menjadi mediator yang berkualitas yang dapat menyelesaikan konflik-konflik sengketa yang terjadi dengan cara memahami konflik, perkara dan cara penyelesaiannya,” ujarnya, pada Sabtu (25/11/2022).

Zulkarnain Lubis salah satu pemateri mengatakan, bahwa mahasiswa memiliki peluang untuk menjadi seorang mediator yang berhati tulus dan memberikan yang terbaik untuk orang lain.

“Generasi penerus sebenarnya berasal dari kampus, setidaknya jika kita tidak bisa menjadi mediator di mahkamah kita bisa menjadi mediator di sekitar kita, yang bisa membantu menyelesaikan masalah yang ada dengan tujuan kedamaian” lanjutnya.

Selain itu, Diva Azzahra, salah satu mahasiswa Himpunan Pndidikan Biologi (HMP PBL) mengatakan kegiatan ini dapat menambah wawasan dan relasi sesama pengurus organisasi.

“Dengan adanya kegiatan ini saya lebih mengetahui apa itu mediasi, dan ini sangat bagus, membuat kita berfikir kritis, kegiatan ini benar-benar bermanfaat dan semoga ilmu yang diberikan oleh pemateri dapat kami terapkan,” ungkap Diva. []

Reporter: Nadifa Rahma Putri
Editor: Hasni Hanum