UIN Ar-Raniry Luluskan 1.939 Wisudawan Secara Daring dan Luring

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh meluluskan 1.939 wisudawan program pascasarjana dan sarjana, terdiri dari 21 orang lulusan Program Doktor, 41 lulusan Program Magister dan 1.877 orang lulusan Program Sarjana (S1) dari 9 Fakultas, Tahun Akademik (TA) 2022/2023, di Gedung Auditorium Prof Ali Hasjmy Darussalam Banda Aceh.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini prosesi wisuda dilaksanakan sebanyak 3 gelombang. Wisuda gelombang pertama berlangsung selama 3 (tiga) hari, yakni pada tanggal 24-26 Januari 2023 serta dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Mujiburrahman dalam amanatnya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Semoga ilmu yang telah diperoleh kiranya memberi manfaat bagi peningkatan kapasitas pribadi para alumni dan berguna kepada masyarakat secara luas,” tutur Prof. Mujiburrahman dihadapan para wisudawan, Rabu (25/1/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Mujiburrahman mengingatkan wisudawan khususnya calon guru yang diwisudakan hari ini agar terus belajar dan mengajar ilmu yang telah mereka miliki. Ia mengatakan, pada hal tersebut terdapat falsafah hidup yang mesti dicermati yaitu ilmu Budi Bakti yang merupakan golden triangle (segitiga emas) yang saling berkaitan untuk mencapai kesempurnaan hidup. Dimana seharusnya seseorang yang sudah berilmu akan semakin mulia akhlak dan karakternya bukan sebaliknya semakin rusak moralnya, sombong serta takabur.

Sebelumnya, Wakil Rektor (Warek) I Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Saifullah Idris mewakili Warek III dalam laporannya menyebutkan pada rapat senat terbuka wisuda sarjana S1 Semester Ganjil Tahun Akademik (TA) 2022/2023 berhasil meluluskan 1.877 lulusan.

Pada Fakultas Syari’ah dan Hukum 305 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 687 orang, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat 69 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 160 orang, Fakultas Adab dan Humaniora 137 orang.

Kemudian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 212 orang, Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 121 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan 102 orang, dan Fakultas Psikologi sebanyak 84 orang.

“Berdasarkan predikat yudisium, lulusan dengan predikat cumlaude sebanyak 43 orang, predikat pujian sebanyak 794 orang, predikat sangat baik sebanyak 1.003 orang dan predikat baik sebanyak 99 orang,” ujar Saifullah dalam laporan tertulis.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga memberikan penghargaan berupa sertifikat kepada 51 lulusan terbaik perwakilan dari setiap program studi. []

Reporter: Widatun Hasanah