FDK UIN Ar-Raniry Laksanakan Pelatihan Pencegahan dan Penyalahgunaan NAPZA

Sumberpost.com | Banda Aceh – Persoalan narkoba di Indonesia sudah sangat memprihatinkan bahkan sudah memasuki kritis. Persoalan ini mendorong Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengadakan kegiatan Pelatihan Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya (NAPZA), di Aula FDK, Senin (27/2/2023)

Kegiatan dengan tema “Bahaya Napza Bagi Generasi Muda” dibuka langsung oleh Dekan FDK, Kusmawati Hatta. Dalam sambutannya, beliau mengajak seluruh elemen dosen dan mahasiswa FDK menjadi corong dan duta pencegahan narkoba di dalam masyarakat Aceh.

“Narkoba telah merusak sendi kehidupan, tidak hanya pada orang dewasa namun juga anak-anak dan remaja, untuk itu maka pelatihan ini penting dalam memberikan pemahaman dan upaya pencegahan dini dari bahaya narkoba bagi dosen dan mahasiswa,” tuturnya

Ketua Panitia, Rahmatul Akbar menyebutkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pencegahan narkoba khususnya dilingkungan kampus.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya pencegahan narkoba di kalangan mahasiswa dan dari kalangan dunia akademik. Hal ini juga sebagai bentuk perang terhadap narkoba di kalangan dunia kampus, karena kampus juga menjadi sasaran peredaran narkoba saat ini,” ujarnya.

Kegiatan ini juga turut menghadirkan narasumber yakni, Syahrul Maulidi, selaku ketua Umum DPP IKAN (Inspirasi Keluarga Anti Narkoba). Dalam paparan materinya ia menjelaskan pengedaran NAPZA saat ini bergerak terlalu bebas tanpa memandang fisik.

“Pengedar NAPZA saat ini terus saja melakukan operasinya dengan berbagai modus, termasuk memanfaatkan perempuan dan anak-anak sebagai kurir dan juga korbannya,” katanya.

Menurutnya proses penyaluran narkoba saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara tanpa memandang fisik. Pelatihan ini menjadi pengetahuan bagi mahasiswa dan dosen terkait NAPZA dan bahayanya bagi generasi bangsa. [Rel]