Dr Djauhari: Empat Kriteria Pemimpin Ideal dalam Islam

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pemateri Pelatihan Literasi Digital sekaligus Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Djauhari mengatakan, empat kriteria pemimpin yang bisa dipilih untuk menjadi pemimpin kedepannya.

“Kriteria pemimpin ideal yang baik menurut islam ada empat yaitu siddiq (jujur) amanah (terpercaya), tabligh (menyampaikan), dan fathanah(cerdas),” ujarnya saat memberi materi di Gedung Auditorium Prof. Ali Hasymi UIN Ar-Raniry, Selasa (28/02/2023).

Pelatihan literasi digital pada anak muda yang diadakan oleh Radio Assalam Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry yang bekerja sama dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) ini, turut menghadirkan tiga pemateri sekaligus dari penggiat Kehumasan dan Anti Hoax, Akademisi UIN Ar-Raniry, serta Bawaslu Provinsi Aceh.

Djauhari yang merupakan salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut menekankan, umat Islam jangan sampai kehilangan idola, jangan malah mengidolakan orang lain. Padahal dari dulu idola yang ditawarkan oleh Islam sudah cukup sempurna.

“Kita sebagai umat islam jangan sampai kehilangan idola, jangan mengidolakan orang lain yang tidak jelas. Sejak dulu islam sudah memberikan cukup banyak contoh-contoh pemimpin yang sempurna dan dapat kita jadikan teladan untuk memimpin bangsa kedepannya,” pungkas Djauhari. []

Reporter: Miska
Editor: Raudatul Jannah