UIN Ar-Raniry Adakan Kuliah Umum Penguatan Literasi Digital

Sumberpost.com I Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry mengadakan kuliah umum dengan tema “Penguatan Literasi Digital Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan yang Unggul di Era Transformasi Digital” di ruang Auditorium UIN Ar-Raniry, Selasa (14/03/2023).

Diskusi yang dilakukan secara offline ini membahas terkait penggunaan perangkat keras dan lunak serta sistem operasi digital dalam kehidupan sehari hari.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dirhamsyah menjelaskan, saat ini peserta didik belum maksimal dalam memahami materi pembelajaran tanpa wujud.

“Peserta didik masih merasa kesulitan dalam menangkap pelajaran dalam bentuk kata tanpa gambar dan wujud,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Layanan Egoverment Dinas Komunikasi Informatika dan Persaksian Aceh, Hendri Dermawan menegaskan, saat ini kita telah hidup di Era 4.0, yang dimana dapat dibuktikan bahwa, saat ini 95 persen kita telah terdaftar sebagai pengguna media sosial.

“Saat ini kita hidup diera digital 4.0, dapat dibuktikan bahwa saat ini 95 persen dari kita terdaftar sebagai pengguna Whasapp, Facebook, tweeter, Instagram dan lain-lain, bahkan diantara kita memiliki lebih dari satu akun,”pungkasnya.

Acara ini juga bertujuan untuk menyadarkan audiens bahwa literasi digital sangat penting untuk meningkatkan kemampuan kognitif sumber daya manusia di Indonesia agar keterampilannya tidak sebatas mengoperasikan gawai. []

Reporter: Sulastriayani Br Manik

Editor: Julia Makhrami