Pascasarjana UIN Ar-Raniry Adakan Kuliah Umum Bersama Ketua KPK RI

Sumberpost.com I Banda Aceh – Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar kuliah umum anti korupsi bersama Firli Bahuri, selaku ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan tema “Peran Civitas Akademika dalam Pemberantasan Korupsi”. Kegiatan ini berlangsung di aula Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Rabu (15/3/2023).

Rektor UIN Ar-Raniry, Mujiburrahman dalam kata sambutannya menyampaikan, UIN Ar-Raniry merupakan salah satu kampus yang dipilih sebagai tempat sosialisasi anti korupsi. Kegiatan ini sekaligus dengan deklarasi Ar-Raniry anti gratifikasi dan korupsi. Ia berharap kegiatan ini bisa memberi pencerahan dan tumbuh budaya anti korupsi di lingkungan kampus.

“Dengan adanya kegiatan ini semoga bisa menumbuhkan budaya anti korupsi di lingkungan kampus UIN Ar-Raniry dan bisa mewujudkan perguruan tinggi yang berkualitas,” ujarnya.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menyampaikan materi anti korupsi yang dimoderatori oleh Prof T Zulfikar selaku Wakil Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry.

Dalam pemaparannya, Firli menyampaikan, pentingnya peran kampus dalam memberantas korupsi. Karena korupsi sangat merugikan masyarakat seperti yang diatur dalam Undang- Undang No 31 tahun 1999. Korupsi itu merampas hak rakyat.

“Korupsi tidak hanya sebagai tindak pidana yang merugikan uang negara,seharusnya kita bisa mendapatkan fasilitas kesehatan yang layak. Namun karena korupsi kita tidak mendapat fasilitas itu dengan layak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Firli menegaskan, bahwa pentingnya peran pendidikan dalam meminimalisir tindakan korupsi ini. Menurutnya, pendidikan adalah alat untuk bisa mengubah dunia. Di sisi lain, KPK juga sudah membangun budaya anti korupsi dengan menanamkan nilai, membangun karakter dan peradaban.

“Tidak ada yang bisa kita bangun tanpa adanya pendidikan. Pendidikan adalah salah satu tools untuk mengubah dunia,” ujar Komjen Firli.

Diakhir sesi, Firli menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh civitas akademi karena sudah mengedukasi mahasiswa dan ia berharap kelak mahasiswa akan menjadi harapan bangsa yang bisa melawan praktek-praktek anti korupsi kedepannya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada civitas UIN Ar-Raniry yang sudah memberikan bekal untuk mahasiswa menatap masa depan yang lebih baik tentunya dengan memberantas korupsi,” tutupnya.[]

Reporter: Raudhatul Jannah