Koplo Festival Semarakkan Ramadhan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Organisasi Koplo (Warkop English Orchestra) menggelar kegiatan KOPLO Festival dengan tema “Globalizing the Youth”. Kegiatan ini dilangsungkan di Rumah Senja, Lampriet (26/3/2023).

Kegiatan ini berlangsung sejak pagi dengan kegiatan Talkshow secara online yang bertajuk “Career, Education, and Technology”. Kegiatan ini menghadirkan dua orang narasumber terkenal yaitu Ivan Nugroho dan Muhammad Ikhlash Ismail yang ahli di bidang finansial dan teknologi.

Di sore harinya kegiatan ini diisi dengan tausiyah bersama Ustazah Zakiah Zainun dengan tema “Rahasia Emas bagi Pemburu Ilmu”. Zakiah menyampaikan bahwa pemburu ilmu harus tamak dan harus merasa lapar akan ilmu yang dicarinya.

“Kita harus merasa tamak terhadap ilmu, merasa lapar dan selalu merasa belum cukup terhadap ilmu yang kita dapat”, ujar Zakia.

Di akhir sesi, Zakiah menyampaikan pesan kepada para penuntut ilmu yaitu menuntut ilmu itu sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah. Seperti yang terdapat dalam salah satu kata-kata hikmah dari imam Syafi’i barang siapa yang menginginkan dunia maka hendaknya dengan ilmu, barang siapa yang menginginkan akhirat juga harus dengan ilmu dan yang menginginkan keduanya juga harus dengan ilmu. Dengan ilmu kita bisa menggenggam dunia.

“Menuntut ilmu wajib bagi muslim dan muslimah. Karena dengan ilmu kita bisa menegakkan agama Allah dan bersinergi dalam hal kebaikan,” ucapnya.

Salsabila Khalisa, selaku ketua Koplo mengatakan, sesuai dengan tema yang diangkat dalam anniversary Koplo yang ke-3 ini diharapkan mampu mendongkrak semangat kaum muda dalam hal mencari ilmu.

“Kegiatan ini ditujukan untuk kaum muda sebagai long life learner agar lebih tau bagaimana menuntut ilmu dari sisi agama,” pungkas Salsa.

Reporter: Raudhatul Jannah