Persiapkan Mahasiswa Ke Luar Negeri, PBI dan EDSA Gelar Seminar International Studi Generale

Sumberpost.com | Banda Aceh – Program Studi Bahasa Inggris (PBI) bersama English Department Students Association (EDSA) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menggelar Seminar Internasional “Studium Generale”, di Aula Gedung B Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry, Selasa (28/3/2023).

Kegiatan dengan tema “Crossing Countries, Crossing Cultures: Go for it” Seminar ini digelar untuk membahas berbagai hal penting mengenai persiapan studi dan karir di luar negeri.

Seminar ini dibuka langsung oleh Sekretaris Prodi PBI, Azizah. Dalam sambutannya, Azizah menyampaikan, harapannya kepada mahasiswa agar dapat mempersiapkan studi dan karir keluar negeri dan mengaplikasikan ilmu-ilmu yang di dapat dari seminar ini.

“Setelah mengikuti seminar, diharapkan para mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang didapatkan selama seminar berlangsung untuk kepentingan ke depannya,” tuturnya.

Kegiatan ini, turut menghadirkan Aulia Farsi sebagai narasumber yang merupakan Psychiatric Nurse yang bekerja di Asklepios Clinicum, Hamburg. Dalam hal ini ia juga banyak menyampaikan narasi seputar pengalaman belajar dan bekerja, tata cara meng-apply pekerjaan, serta culture shock selama berada di Jerman.

“Kelebihan kerja di Jerman itu memiliki jam kerja yang disiplin dan flexible, lapangan kerja yang luas dengan upah yang tinggi, dan tersedia berbagai jaminan perlindungan kerja serta jaminan masa tua,” ucap Aulia.

Narasumber berikutnya yakni Prof Teuku Zulfikar, yang merupakan Wakil Kepala Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry juga merupakan lulusan Monash University. Pada kesempatan tersebut ia berpesan bahwa ada 3 hal dalam mengejar cita-cita yaitu kepercayaan diri, keyakinan dan efikasi diri.

“Terdapat 3 values dalam mengejar cita-cita, yaitu confident, faith dan self-eficacy,” ujarnya.

Pada akhir acara diakhiri dengan pemberian piagam penghargaan kepada para narasumber yang diwakili oleh Saiful Akmal, selaku Kepala Koordinator Studium Generale. [Rel]