Tips Tetap Produktif Selama Ramadhan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Saat memasuki bulan suci Ramadhan, kita sebagai umat muslim akan berpuasa selama satu bulan penuh. Kita dilarang untuk makan dan minum selama kurang lebih 13 jam perharinya. Selama kurun waktu tersebut, tubuh akan terasa lemas sehingga tidak sedikit orang yang menjadikannya alasan untuk bermalas-malasan alias tidak produktif.

Padahal, ada banyak tugas tambahan bagi umat muslim ketika bertemu dengan bulan Ramadhan yaitu dengan memperbanyak beribadah, bukan malah memperbanyak rebahan. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan agar tetap produktif saat sedang berpuasa di bulan Ramadhan?

Simak beberapa tips yang telah Sumberpost.com rangkum berikut ini:

  1. Sahur dan berbuka dengan teratur

Untuk dapat menjalani aktivitas dan hal-hal produktif di bulan Ramadhan, tentu kamu harus menjaga stamina dan kebugaran tubuh saat berpuasa. Pastikan kamu sudah makan sahur dan berbuka secara teratur. Jangan sampai kamu melewatkan makan sahur karena hal tersebut dapat menurunkan stamina dan membuatmu lemas saat berpuasa sehingga produktivitasmu menurun.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa sebaiknya jangan meninggalkan makan sahur. Selain itu, makanlah sahur di akhir waktu atau mendekati waktu imsyak. Kemudian, saat telah tiba waktu berbuka puasa, segerakan untuk berbuka. Jika kamu dalam keadaan sibuk sekalipun, tetaplah dahulukan berbuka puasa agar tubuhmu tidak mengalami dehidrasi.

  1. Pilih menu sahur dan berbuka yang sehat

Salah satu kunci agar tetap produktif saat menjalani puasa Ramadhan adalah mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat saat sahur dan berbuka.

Jenis makanan yang sangat direkomendasikan saat sahur adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Mengkonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama saat berpuasa dan pasokan energi tidak cepat hilang. Contohnya oat, nasi merah, gandum utuh dan sumber karbohidrat tinggi serat lainnya.

Sedangkan untuk minuman, konsumsi air putih sangat disarankan saat sahur. Hindari mengkonsumsi minuman manis seperti sirup atau teh dengan gula. Sebaliknya, minuman manis justru sangat baik apabila dikonsumsi saat berbuka agar energi kamu cepat kembali setelah berpuasa seharian penuh.

Di samping itu, hindari pula makanan bersantan, pedas, asam, atau berlemak tinggi pada saat sahur dan berbuka. Dengan begitu, kadar asam lambung kamu tetap terjaga sepanjang hari dan risiko sakit lambung kumat juga dapat dihindari.

  1. Jangan tidur setelah sahur

Tidur setelah sahur tidak baik bagi tubuh. Kebiasaan tersebut bisa berdampak buruk bagi lambung dan dapat menyebabkan penumpukan lemak lebih cepat di dalam tubuh. Di samping itu, tidur setelah sahur justru menyebabkan rasa lapar dan haus datang lebih cepat ketika kamu bangun nanti.

Jadi, bagaimana cara yang bisa dilakukan agar tidak tidur lagi setelah sahur? Solusinya yaitu isilah waktu antara sahur dan subuh dengan aktivitas yang membuatmu jauh dari kasur. Misalnya dengan beribadah atau dengan melakukan kegiatan lainnya seperti mencuci piring, membersihkan dapur, menyusun jadwal dari aktivitas yang ingin kamu lakukan dihari tersebut.

  1. List kegiatan yang ingin dilakukan

Tips berikutnya yang paling penting dilakukan untuk meningkatkan produktivitas di bulan Ramadhan adalah membuat list kegiatan apa saja yang ingin dilakukan. Baik kegiatan yang menyangkut ibadah, tugas kuliah, hingga pekerjaan rumah. Membuat rencana harian sangat penting agar waktumu tidak terbuang sia-sia.

  1. Luangkan waktu untuk berolahraga

Luangkan waktu untuk berolahraga selama beberapa menit. Akan tetapi, jangan berlebihan di dalam berolahraga, pilihlah olahraga yang sesuai agar kamu tidak kelelahan saat beraktivitas nantinya. Kamu bisa memilih olahraga ringan seperti bersepeda santai, jogging, atau streching.

Waktu yang dianjurkan untuk berolahraga saat berpuasa yaitu di saat setelah sahur atau setelah subuh. Karena selain tubuh yang masih banyak energi, berolahraga di waktu ini dapat menghilangkan kantuk sehingga dapat membuatmu lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas lain nantinya. Selain itu, kamu juga dapat berolahraga ringan sesaat sebelum berbuka dan setelah berbuka.

  1. Hindari bergadang dan istirahat yang cukup di siang hari

Hindari begadang karna hal tersebut dapat membuat kamu sulit untuk bangun sahur dan langsung tidur setalah menyantap sahur. Oleh karena itu, kamu juga perlu menjaga agar jam tidur setiap malammu cukup dan wajar, yaitu sekitar 6 jam per harinya. Sebisa mungkin, hindari begadang.

Selain itu, kamu juga butuh istirahat yang cukup di siang hari. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang bisa meningkatkan daya ingat, menurunkan tekanan darah, meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan masih banyak lagi. Hal tersebut tentu dapat membuatmu lebih produktif dalam menjalani kegiatan di bulan Ramadhan. Namun, jangan sampai tidurnya kebablasan ya.

Itulah beberapa tips untuk tetap produktif selama berpuasa di bulan Ramadan yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa. []

Reporter: Widdatul Hasanah
Editor: Raudhatul Jannah