Kulit Sehat Meski Sedang Berpuasa

Sumberpost.com | Banda Aceh – Menjalankan ibadah puasa adalah kewajiban semua umat Islam. Meskipun tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam per harinya bukan berarti selama ramadhan kita tidak bisa merawat kulit agar tetap sehat. Memang perawatan yang kita lakukan berbeda dengan hari-hari biasa, jika hari biasa kita menjaga kulit agar tetap sehat dengan cara minum air putih sebanyak 1 liter per harinya.

Selama Ramadhan hal ini juga bisa kita lakukan kok, kita tetap berpuasa tetapi kulit kita juga terawat dengan sehat. Dilansir dari kompasiana.com ada beberapa tips yang bisa dilakukan selama berpuasa dalam menjaga kulit agar tetap sehat. Yuk ikut tips yang telah dirangkum oleh Sumberpost.com :

  1. Minum air putih 8 gelas perhari

Selama Ramadhan kita tetap bisa memaksimalkan minum air putih sebanyak 1 liter/8 gelar per harinya. Kita bisa membangi waktu minumnya dengan cara:

  • 1 gelas saat sebelum sahur
  • 1 gelas sesudah makan sahur
  • 1 gelas setelah azan maghrib
  • 1 gelas setelah berbuka puasa
  • 1 gelas setelah saat maghrib
  • 1 gelas sebelum shalat isya
  • 1 gelas setelah shalat tarawih
  • 1 gelas sebelum tidur

Dengan demikian kulitmu tetap terhidrasi dan tidak kekurangan air putih selama menjalankan puasa.

  1. Perhatikan asupan nutrisi

Ketika berpuasa nutrisi makanan juga tetap harus diperhatikan, jangan sampai kamu kekurangan protein dan karbohidrat selama berpuasa atau bahkan lebih. Hal ini bisa menjaga kesehatan kulit dari dalam. Untuk menjaga kelembapan alami kulit supaya tampak sehat dan terlihat awet muda. Caranya dengan memperbanyak konsumsi sayur, buah, dan vitamin. Serta mengurangi konsumsi kafein dan air soda.

  1. Istirahat yang cukup

Ketika puasa jam tidur kita akan berubah, dan kita diharuskan bangun lebih cepat karena harus melaksanakan sahur. Pastikan selama puasa jam tidurmu tidak kurang dari 7-8 jam. Jika kurang di waktu tidur malam kamu bisa menambah waktu tidur di siang hari sehingga jam tidurmu cukup dan kulitmu akan tetap sehat. Memiliki waktu tidur yang sedikit itu akan merusak kesehatan kulit wajahmu dan metabolisme tubuhmu pun akan berkurang.

  1. Pakai tabir surya/sunscreen

Selama puasa, kulit rentan mengalami dehidrasi dan lebih kering. Nah, kondisi ini bisa menjadi lebih buruk ketika terkena paparan sinar matahari. Tabir surya atau sunscreen merupakan item yang wajib kamu miliki, apalagi di saat cuaca panas seperti ini. Pakai tabir surya akan melindungi kulitmu dari sinar ultraviolet yang bisa merusak kesehatan kulit wajahmu. Kamu juga harus mengaplikasikan ulang tabir surya selama 2 jam sekali ketika kamu beraktivitas. Hal ini dilakukan agar kulitmu tidak mudah rusak.

  1. Pakai pelembap

Pelembap juga tidak kalah penting dari tabir surya. Kulit mudah kering selama berpuasa, sehingga kamu perlu menggunakan pelembap. Setelah mencuci wajah dengan air hangat, pastikan untuk melembabkan kulit untuk mengembalikan kelembaban karena kurangnya hidrasi selama puasa.

Itulah beberapa tips agar kulitmu tetap sehat selama berpuasa. Pastikan kamu melakukan semua tips diatas agar kulitmu tetap sehat dan terjaga meskipun kamu berpuasa selama 13 jam lamanya. Jangan lupa diaplikasikan ya tipsnya. []

Reporter: Raudhatul Jannah