Kemuliaan Malam Lailatul Qadar dan Amalan yang Dapat Dilakukan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Memasuki sepuluh akhir bulan Ramadhan, umat muslim akan dipertemukan pada salah satu malam yang kedatangannya ditunggu-tunggu setiap tahun. Tidak ada yang tau pasti kapan malam itu tiba, tapi Rasulullah memberi isyarat bahwa malam itu terjadi pada malam-malam ganjil di sepuluh akhir bulan Ramadhan. Entah itu malam ke 21,23, 25,27 atau 29.

Oleh karena itu sudah saatnya untuk umat muslim mempersiapkan diri dalam menyambut malam yang di agung-agungkan lebih baik dari seribu bulan. Dimana saat itu seluruh malaikat akan turun ke Bumi hingga waktu fajar tiba.

Hal itu sebagaimana telah tercantum dalam Q.S Al-Qadr ayat 4 yang artinya pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan

Malam itu ditandai dengan keheningan yang damai dan penuh rahmat Allah. Malamnya akan terasa berbeda dengan malam-malam yang lain, hawanya tidak terlalu panas, tidak juga terlalu dingin. Saat subuh hari matahari bersinar hangat, tapi tidak menyengat ibarat bejana yang meninggi, demikian yang di katakan oleh Rasulullah dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

dilansir dari detik.com, dalam mempersiapkan diri menyambut malam Lailatul Qadr, ada beberapa amalan yang dapat kita lakukan, yaitu:

  1. Jangan lupakan sholat Tarawih pada malam-malam akhir

Karena lailatul qadar masih menjadi rahasia, hendaknya bagi kita tidak meninggalkan salat Tarawih di malam-malam terakhir bulan Ramadan, karena bisa jadi di salah satu malam ganjil tersebut adalah malam Lailatul Qadar.

  1. Mulai mengerjakan Qiyamul Lail

Qiyamul Lail atau bisa diartikan menghidupkan malam adalah suatu ibadah yang kita laksanakan ketika malam hari seperti salat tahajud, salat hajat, membaca Alquran di sepertiga malam hingga masuk waktu fajar.

Dengan mulai mengaktifkan Qiyamul Lail setiap malam akhir bulan Ramadan, kemungkinan besar kita akan mendapatkan malam Lailatul Qadar itu.

  1. Memperbanyak dzikir terutama dzikir yang diajarkan oleh nabi kepada sayyidah Aisyah.

Ada banyak dzikir dan sholawat yang dapat kita amalkan di bulan Ramadan. Namun ada satu bacaan dzikir yang paling dianjurkan ketika menyambut lailatul qadar tersebut. Dzikir itu juga yang diajarkan oleh Rasulullah kepada sayyidah Aisyah.

اللهم انك عفو تحب العفو فاعف عني

Artinya : ya Allah engkau adalah zat yang maha pengampun, engkau menyukai pengampunan maka ampunilah aku

Demikian beberapa ciri-ciri dan amalan-amalan yang dapat dilakukan dalam menyambut bulan Ramadhan. Doa kita semua pastinya semoga agar dapat bertemu dengan yang lebih baik dari seribu bulan tersebut. []

Reporter: Raihatul Miska

Editor: Raudhatul Jannah